SELAMAT DATANG DI WEBSITE BAPPEDA KABUPATEN BENGKULU SELATAN

Tupoksi Sekretariat

Berdasarkan Peraturan Bupati Bengkulu Selatan Nomor 25 Tahun 2011 tentang Tugas Pokok, Fungsi dan Tata Kerja Lembaga Teknis Daerah Kabupaten Bengkulu Selatan, menyebutkan bahwa: 
Sekretaris
Sekertaris mempunyai tugas pokok menyelenggarakan adminitrasi, organisasi dan tatalaksana serta memberikan pelayanan teknis administratif kepada semua satuan organisasi di lingkungan Bappeda

Dalam melaksanakan tugas pokok tersebut, Sekretaris mempunyai fungsi sebagai berikut :
  1. Penysunan rencana program kerja tahunan dan pelaporan serta pembiniaan organisasi dan tatalaksana
  2. Pengelolaan adminitrasi kepegawaian.
  3. Pengelolaan adminitrasi keuangan
  4. Pengurusan rumah tangga, perlengkapan surat menyurat,dan kearsipan serta kehumasan.
  5. Penyusunan data perencanaan sekertariat.
Dalam melaksanakan tugas pokok dan funsinya sekertaris mampunyai tugas sebagai berikut:
  1. Menyusun rencana kegiatan.
  2. Menyiapkan bahan kerja.
  3. Merumuskan kebijakan teknis dalam menentukan sasaran kegiatan sekretariat
  4. Mengumpulkan, mengolah dan menyajikan data rencana anggaran dan belanja kegiatan dari masing-masing unit kerja.
  5. Mengkoordinasikan bidang-bidang dalam rangka kelancaran pelaksaan tugas dinas.
  6. Menyelenggarakan urusan umum, surat menyurat, perlengkapan rumah tangga, urusan hukum, kepegawaian, gaji pegawai, monitoring dan pelaporan, dan tatanaska dinas,organisasi dan tatalaksana.
  7. Menyelenggarakan pembinanan dan pelayanan adminitrasi umum, adminitrasi kepegawaian, keuangan, sarana dan prasarana, serta perpustakaan.
  8. Menyelenggarakan kebutuhan naska dinas yang diperlukan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  9. Menberikan saran atau petimbangan kepada atasan mengenai langka atau tindakan yang di ambil di bidang tugasnya
  10. Mengiventarisasi, mengidentifikasi dan menyiapkan bahan penyelasaian di bidang tugasnya.
  11. Mengepaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas.
  12. Melaksakan tugas lain yang di berikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya.
Sub bagian Umum dan Kepegawaian
  1. Sub bagian umum dan kepegawaian mempunyai tugas sebagai berikut:
  2. Menyusun rencana kegiatan.
  3. Menyiapkan bahan kerja.
  4. Menyiapkan memfasilitaskan urusan hikum yang berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan dinas.
  5. Menyelengarakan tatanaska dinas, humas dan protokol, kearsipan,kepustakaan, surat menyurat, dan alat tulis unit kerja.
  6. Mengelola kebersihan, ketertiban dan keamanan ruang kerja serta lingkungan badan.
  7. Menyimpan, mengelola, memelihara dan mendistribusikan barang kebutuhan badan.
  8. Memelihara kendaraan dinas.
  9. Melaksakan adminitrasi dinas bagi pejabat dan staf dinas yang akan melakukan perjalanan dinas.
  10. Menyiapkan perlengkapan rapat dan melayani tamu dinas.
  11. Menghimpun menelah dan mendukumentasikan peraturan perundang-undangan di bidang kepegawaian.
  12. Menyiapkan pelaksanaan pembinaan dan pengembangan pegawai sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
  13. Menyiapkan bahan dan proses usulan mutasi kepegawaian.
  14. Melaksanakan adminitrasi dan kearsipan data pegawai.
  15. Memberikan saran dan atau pertimbangan kepada atasan mengenai langka atau tindakan yang diambil sesuai bidang tugasnya.
  16. Mengiventarifikasi, mengidentifikasi dan menyiapkan bahan penyelesaikan permasalahan sesuai bidang tugasnya.
  17. Mengevaluasi dan menyusun laporan pelaksaan tugas.
  18. Melaksanakan tugas lain yang di berikan atasan sesuai dengan bidang tugasnya.
Sub Bagian Penyusunan Rencana Kegiatan
  1. Sub bagian penyusunan rencana kegiatan mempunyai tugas sebagai berikut :
  2. Menyusun rencana kegiatan.
  3. Menyiapkan bahan kerja.
  4. Menghimpun, menelah, menganalisa,mengkalafikasi dan mendokumentasikan perundang-undangan yang berkaitan dengan program dan kegiatan dinas.
  5. Merencanakan, menyelenggarakan penelitian dalam rangka pengembagan kegiatan badan.
  6. Mengkoordinasikan penyusunan rencana kebutuhan dan pengadaan barang sesuai perundang-undangan yang berlaku.
  7. Mengkoordinasikan penyusunan perencanaan dan penganggaran.
  8. Mengkoordinasikan penyusunan DPA-SKPD.
  9. Mengkoordinasikan penyusunan laporan pelaksaan progaram.
  10. Menyusun petunjuk pelaksanaan dan teknik program.
  11. Menginventarisasikan, mengidentifikasi dan menyiapkan bahan penyelesaian permasalahan di bidang tugasnya.
  12. Memberikan saran dan atau pertimbangan kepada atasan mengenai langka atau tindakan yang di ambil di bidang tugasnya.
  13. Mengevaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas.
  14. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.
Sub Bagian Keuangan
  1. Sub bagian keuangan mempunyai tugas sebagai berikut :
  2. Menyusun renacna kegiatan.
  3. Menyiapkan bahan kerja.
  4. Melaksanakan penataan usahaan dan pembayaran gaji pegawai sesuai ketentuan perturan perundang-undangan yang berlaku.
  5. Melaksakan penatausahaan keuangan, dan sistem akuntansi pemerintah sesuai peraturan perndng-undangan yang berlaku.
  6. Melaksakan administrasi penerimaan, penyetoran dan pelaporan pajak sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  7. Melaksanakan inventarisasi,verifikasi,dan pelaporan pelaksanaan anggaran dan bimbingan teknis pelaksanaan anggaran kepada pengelolah keuangan atau mengadministrasi keuangan.
  8. Menyusun laporan pretanggung jawaban pengelolahan keuangan sesuai ketentuan peraturan perundang-undngan yang berlaku.
  9. Melaksanakan penatausahaan keuangan dan barang tugas pembantuan.
  10. Mengkoordinasikan penyusunan laporan triwulan dan akhir tahun pelaksaan dan tugas pembantuan.
  11. Melaksanakan admistrasi, inventarisasi dan laporan pertanggung jawaban pengelolahan asset.
  12. Mengusulkan pengapusan barang milik daerah.
  13. Mengiventarisasi, mengidentifikasi dan menyiapkan bahan penyelesaian permasalahan sesuai bidang tugasnya.
  14. Memberikan saran dan atau pertimbangan kepada atasan mengenai langkah atau tindakan yang diambil sesuai bidang tugasnya. Mengevaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar