SELAMAT DATANG DI WEBSITE BAPPEDA KABUPATEN BENGKULU SELATAN

Tupoksi Bidang Sosbud

Berdasarkan Peraturan Bupati Bengkulu Selatan Nomor 25 Tahun 2011 tentang Tugas Pokok, Fungsi dan Tata Kerja Lembaga Teknis Daerah Kabupaten Bengkulu Selatan, menyebutkan bahwa:

BIDANG PERENCANAAN SOSIAL BUDAYA

Bidang Perencanaan Sosial Budaya mempunyai tugas pokok menyelenggarakan tugas Badan Perencanaan Pembangunan Daerah di Bidang Sosial dan Budaya (Agama, Pendidikan dan Budaya, Bidang kesehatan dan kesejahteraan Sosial, bidang Kependudukan dan Pemberdayaan Perempuan,Keluarga Berencana, Pariwisata serta bidang pemerintahan, tenaga kerja dan transmigrasi, pemberdayaan dan perlindunga masyarakat, perencanaan).

Dalam melaksanakam tugas pokok tersebut, bidang perencanaan Sosial budaya mempunyai fungsi sebagai berikut :
  1. Perusahaan kebijakan teknis, perencanaan pembangunan di bidang Sosial Budaya.
  2. Pengkoordinasian perencanaan pembangunan bidang sosial budaya diantara badan/dinas/lembaga terkait.
  3. Pendataan, evaluasi dan monitoring mengenai program pelayanan sosial budaya.
  4. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan.
Dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya Bidang perencanaan sosial budaya mempunyai tugas sebagai berikut :
  1. Menyusun rencana kegiatan.
  2. Menyiapkan bahan kerja.
  3. Melaksanakan koordinasi penyususnan program/kegiatan bidang sosial budaya.
  4. Melaksanakan koordinasi dan sinkronisasi kegiatan perencaan pembangunan daerah di bidang sosial dan budaya (Agama, pendidikan dan budaya,bidang kesehatan dan kesejahteraan sosial, bidang kependudukan dan pemberdayaan perempuan, keluarga berencana, pariwisata serta bidang pemerintahan, tenaga kerja dan transmigrasi,pemberdayaan dan perlindungan masyarakat, perencanaan)
  5. Melaksakan koordinasi dan sinkronisasi pelaksanaan kegiatan pembangunan daerah di bidang sosial dan budaya yang di susun oleh dinas derah, lembaga teknis daerah dan kecamatan.
  6. Melaksanakan kerja sama pembangunan antar daerah kabupaten dan antar daerah kabupaten dengan swasta, dalam dan luar negeri di bidang sosial dan budaya.
  7. Melaksanakan pedoman dan standar pelayanan perkotaan skala kabupaten/kota di bidang sosial dan budaya melaksanakan petunjuk pelaksana pelayanan perkotaan skala kabupaten/kota di bidang sosial dan budaya.
  8. Mengembangkan wilayah tertinggal,perbatasan,pesisir,dan plau-pulau kecil skala kabupaten/kota di bidang sosial dan budaya.
  9. Mengembangkan kawasan prioritas,cepat tumbuh dan andalan skala kabupaten/kota bidang sosial dan budaya.
  10. Mengkoordinasikan perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian pembangunan daerah skala kabupaten/ kota di bidang sosial dan budaya.
  11. Melaksanakan konsultasi perencanaan dan pengendalian pembangunan daerah skala kabupaten/kota dibidang sosial dan budaya.
  12. Melaksakan kerja sama pembangunan antar daerah kabupaten /kota dengan swasta,dalam dan luar negeri dibidang sosial dan budaya.
  13. Bimbingan superpisi dan konsultasi kerja sama pembangunan antar kecamatan/desa antar kecamatan /desa dengan swasta,dalam dan luar negeri dibidang sosial dan budaya.
  14. Konsultasi pelayanan perkotaan skala/kota d bidang sosial dan budaya.
  15. Bimbingan supervisi dan konsultasi pelayanan perkotaan dikecamatan/desa dibidang sosial dan budaya.
  16. Konsultasi pengembangan kawasan prioritas, cepat tumbuh dan andalan skala kabupaten/kota dibidang sosial dan budaya.
  17. Merencakan kelembagaan dan manajemen pengembangan kawasan prioritas,cepat tumbuh dan andalan kecamatan/desa dibidang sosial dan budaya.
  18. Melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksnaan pembangunan derah skala kecamatan/kota, dibidang sosial dan budaya.
  19. Melaksanakan pemantauan dan evaluasi pelaksaan pembangunan daerah skala kecamatan/desa, dibidang sosial dan budaya.
  20. Melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksaan kerjasama pembangunan antar kecamatan/desa dan antar kecamatan /desa dengan swasta dalam dan luar negeri skala kabupaten/desa dan antar kecamatan sosial dan budaya.
  21. Monitoring dan evaluasi pelaksaan pengembangan wilayah tertinggal,pesisir dan pulau-pulau kecil skala kabupaten kota di bidang sosial budaya.
  22. Monitoring dan evaluasi pelaksaan pengembangan kawasan prioritas, cepat tumbuh dan andalan skala kabupaten/kota dibidang sosial dan budaya.
  23. Melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksaan keseharian pengembangan perkotaan dan kawasan pedesaan skala kabupaten/kota dibidang sosial dan budaya.
  24. Melaksanakan monotoring dan evalusi pelaksanaan tehadap kelembagaan dan manajemen pengembangan wilayah dan kawasan skala kabupaten/kota dibidang sosial dan budaya.
  25. Melaksanakan monitoring,evaluasi dan pelaporan pelaksanaan program/kegiatan di bidang sosial dan budaya.
  26. Memberikan saran dan atau pertimbangan kepada kepala dinas mengenai langkah atau tindakan yang diambil sesuai dengan bidang tugasnya.
  27. Mengiventarisasikan, mengidentifikasib dan menyiapkan bahan pemecahan permasalahan sesuai dengan bidang tugasnya.
  28. Mengevakuasi atau menyusun laporang pelaksanaan tugas.
  29. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya.
Sub Bidang Agama, Pendidikan, Budaya dan Pariwisata

Sub budang Agama, pendidikan,budaya dan pariwisata mempunyai tugas sebagai berkut :
  1. Menyusun rencana kerja berdsarkan rencana kerja tahun lalu dan tahun yang sedang berjalan daerah di bidang sebagai pedoman kerja.
  2. Mengiventarisasi dan mempersiapkan bahan penyusun rencana program pembangunan pelayanan bidang Agama, pendidikan,budaya dan pariwisata.
  3. Mengusulkan dan mengkoordinasikan kegiatan pembangunan mengenai pelayanan dibidang Agama, budaya dan pariwisata.
  4. Melaksanakan pendataan, evaluasi dan monotoring kegiatan pelayanan bidang Agama, pendidikan, budaya dan pariwisata.
  5. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasn.
Sub Bidang Kesehatan, Sosial, Kependudukan, dan Pemerintahan

Sub bidang kesehatan, sosial, Kependudukan, dan Pemerintahan mempunyai tugas sebagai berikut.
  1. Menyusun recana kerja berdasarkan rencana kerja tahun lalu dan tahun yang sedang berjalan daerah dibidang sebagai pedoman kerja.
  2. Mengiventarisasi pelayanan bahan penusunan recana program pembangunan pelayanan sosial,kesejahteraan sosial, kependudukan dan pemerintahan. Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar