SELAMAT DATANG DI WEBSITE BAPPEDA KABUPATEN BENGKULU SELATAN

Tupoksi Bidang Fispra

Berdasarkan Peraturan Bupati Bengkulu Selatan Nomor 25 Tahun 2011 tentang Tugas Pokok, Fungsi dan Tata Kerja Lembaga Teknis Daerah Kabupaten Bengkulu Selatan, menyebutkan bahwa:

BIDANG PERENCANAAN FISIK DAN PRASARANA

Bidang perencanaan fisik prasarana wilayah mempunyai tugas pokok menyelenggarakan tugas badan perencanaan pembangunan daerah dibidang sarana dan prasarana jalan/jembatan, perhubungan, pengairan,perumahan pemukiman dan bidang tata ruang wilayah/kota dan kecamatan serta kerja sama pembangunan, pengembangan kawasan dan rencana program pembangunan daerah bawahan.

Dalam melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada pasal 43 bidang perencanaan Fisik Prasarana Wilayah mempunyai fungsi sebagai berikut :
  1. Perusahaan kebijakan teknis perencanaan pembangunan dibidang fisik dan prasaranan wilayah.
  2. Pengkoordinasian teknik perencanaan pembangunan bidang fisik dan prasarana wilayah dengan badan/dinas/lembaga/yang terkait.
  3. Pendataan, evaluasi dan monotoring mengenai program pembangunan bidang fisik dan prasarana wilayah.
  4. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.
Dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya bidang perncanaan fisik dan prasarana wilayah mempunyai tugas sebagai berikut :
  1. Menyusun rencana kerja.
  2. Menyiapkan rencana kerja.
  3. Melaksanakan dan koordinasi penyusunan program/kegiatan bidang fisik dan prasarana wilayah.
  4. Melaksanakan koordinasi dan sinkronisasi kegiatan perencanaan pembangunan daerah dibidang fisik dan prasarana wilayah (tata ruang,pemukiman, pengairan,jalan dan jembatan, energi, penangulangan bencana, kebersihan,pertmanan dan tata kota.)
  5. Melaksakan koordinasi pelaksaan kegiatan perncanaan pembangunan daerah dibidang fisik dan prasarana wilayah yang disusun oloeh dinas daerah, lembaga teknis daerah dan kecamatan.
  6. Melaksanakan kerjasama pembangunan antar daerah kabupaten dan antar daerah kabupaten dengan swasta, dalam dan luar negeri dibidang fisik dan prasarana wilayah.
  7. Melaksanakan pedoman dan standar pelayana perkotaan skala kabupaten/kota dibidang fisik dan prasarana wilayah.
  8. Melaksanakan petujuk pelaksaan pelayanan perkotaan skala kabupaten/kota dibidang fisik dan prasarana wilayah.
  9. Melaksanakan pengelolaan data dan informasi pembangunan daerah skala kabupaten/ kota dibidang fisik dan prasarana wilayah.
  10. Mengembangkan wilayah tertinggal, perbatasan, pesisir, dan pulau-pulau kecil skala kabupaten/ kota dibidang fisik dan prasarana wilayah.
  11. Mengembangkan kawasan prioritas, cepat tumbuh dan andalan skala kabupaten/kota dibidang fisik dan prasarana wilayah.
  12. Melaksanakan konsultasi perencanaan dan pengendalian pembangunan daerah skala kabupaten/kota fisik dan prasarana wilayah.
  13. Melaksakan kerjasama pembangunan antar daerah kabupaten/kota dan antar daerah kabupaten/ kota dengan swasta, dalam dan luar negeri dibidang fisik dan prasarana wilayah.
  14. Bimbingan supervisi dan konsutasi kerjasama pembangunan antar kecamatan/desa dan antar kecamatan /desa dengan swasta, dalam dan luar negeri dibidang fisik dan prasarana wilayah.
  15. Konsultasi pengelolaan kawasan dan lingkungan perkotaan, skala kabupaten/kota dibidang fisik dan prasarana wilayah.
  16. Bimbingan supervisi dan konsultasi pengelolaan kawasan dan lingkungan perkotaan dikecamatan/desa dibidang fisik dan prasarana wilayah.
  17. Konsultasi pengembangan kawasan prioritas, cepat tumbuh dan andalan skala kabupaten/kota dibidang fisik dan prasarana wilayah.
  18. Merencanakan kelembagaan dan manajemen pengembangan kawasan prioritas, cepat tumbuh dan andalan kecamatan /desa dibidang fisik dan prasarana wilayah.
  19. Konsultasi pelayanan perkotaan skala kabupaten/kota dibidang fisik dan prasana wilayah.
  20. Bimbingan supervisi dan konsutasi pelayanan perkotaan dibidang fisik dan prasarana wilayah.
  21. Konsultasi keseharian pengembangan perkotaan dan pedesaan skala kabupaten/kota dibidang fisik dan prasarana wilayah.
  22. Bimbingan supervisi dan konsutasi kesersian pengembangan perkotaan dan pedesaan di kecamatan /desa dibidang fisik dan prasarana wilayah.
  23. Konsultasi pengembangan kawasan priortas, cepat tumbuh dan andalan skala kabupaten/kota dan prasarana wilayah.
  24. Merencanakan kelembagaan dan manajemen pengembangan kawasan prioritas, cepat dan andalan kecamatan/desa di bidang fisik dan prasarana wilayah.
  25. Konsultasi terhadap kelembagaan dan manajemen pengembangan wilayah dan kawasan skala kabupaten/kota dibidang fisik dan prasarana wilayah.
  26. Merencanakan kelembagaan dan manajemen pengembangan wilayah dan kawasan,di kecamatan/desa dibidang fisik dan prasarana wilayah.
  27. Melaksanakan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan pembangunan daerah skala kecamatan/desa di bidang fisik dan prasarana wilayah.
  28. Monitoring dan evaluasi pelaksanaan pengelolaan kawasan dan linkungan perkotaan skala kabupaten /kota.
  29. Monitoring dan evaluasi pelaksanaan pengembangan wilayah tertinggal, pesisir,dan pulau-pulau kecil skala kabupaten/kota dibidang fisik dan prasarana wilayah.
  30. Melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan pengembangan kawasan prioritas, cepat dan andalan skala kabupaten/kota dibidang fisik dan prasarana wilayah.
  31. Melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan keseharian pengembangan perkotaan dan kawasan pedesaan skala kabupaten/kota dibidang fisik dan prasarana wilayah.
  32. Melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kelembagaan dan manajemen pengembangan wilayah dan kawasan skala kabupaten/kota dibidang fisik dan prasarana wilayah.
  33. Melaksanakan monitoring evalusai dan pelaporan pelaksanaan program/kegiatan dibidang fisik dan prasarana wilayah.
  34. Memberikan sarasn atau pertimbangan kepada kepala mengenai langkah atau tindan yang diambil diambil sesuai bidang dan tugasnya.
  35. Melaksakan tugas yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya.
  36. Mengevaluasi dan menyusun laporan pelajalanan tugas.
Sub bidang sarana dan prasarana

Sub Bidang Sarana dan Prasarana mempnyai tugas sebagai berikut :
  1. Menyusun rencana kerja berdasarkan rencana kerja tahun lalu dan tahun yang sedang berjalan daerah dibidang sebagai pedoman kerja.
  2. Mengiventaris dan mempersiapkan bahan penyusun rencana program pembangunan jalan/jembatan, perhubungan ,pengairan, perumahan dan pemukiman,sarana air bersih.
  3. Mengusulkan dan mengkoordinasikan rencana program pembangunan jalan/jembatan, perhubungan,pengairan,perumahan dan pemukiman,sarana air bersih dan melaksanakan pendataan evaluasi.
  4. Monitoring kegiatan pembangunan bidang jalan /jembatan, perhubungan,pengairan perumahan dan pemukiman, sarana air bersih.
Sub Bidang Tata Ruang dan Kerjasama Pembangunaan

Sub Bidang Tata Ruang dan Kerjasam Pembangunan mempunyai tugas sebagai berikut:
  1. Menyusun rencana kerja berdasarkan rencana kerja tahun lalu dan tahun yang sedang berjalan daerah di bidang sebagai pedoman kerja.
  2. Mengiventaris dan mempersiapkan bahan penyusunan bahan penyusunan rencana program tataruang wilayah kabupaten/kota dan tata ruang kecamatan.
  3. Mengkoordinasikan usulan kerjasama pembangunan antar wilayah/daerah.dan rencan pembangunan daerah bawahan.
  4. Mengkoordinasikan usulan pengunaan lahan/fatwa lahan untuk pembangunan sarana dan prasana pemerintah dan swasta.
  5. Melaksanakan pendataan, evaluasi dan monitoring kegiatan pembangunan dan penyusunan tata ruang wilayah/daerah,dan rencana kerja thun lalu dan tahun yang sedang berjalan sesuai dengan pedoman kerja. Melaksanakan tugas laian yang diberikan oleh atasan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar