SELAMAT DATANG DI WEBSITE BAPPEDA KABUPATEN BENGKULU SELATAN

Visi Misi Bappeda


Visi 


“Mewujudkan Bappeda sebagai badan perencana yang professional, handal dan terpercaya untuk mendukung akselerasi pembangunan yang partisipatif dan berkelanjutan di Kabupaten Bengkulu Selatan”

Misi
  1. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia bidang perencana untuk memaksimalkan pengkajian dan pengembangan rencana pembangunan daerah yang berkualitas dan berkelanjutan
  2. Meningkatkan koordinasi dan sinkronisasi yang lebih berkualitas dalam proses perencanaan pembangunan baik antar daerah, antarruang, antarwaktu, dan antarfungsi pemerintah daerah, maupun antar pusat dan daerah, serta antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan.
  3. Meningkatkan fungsi monitoring, evaluasi dan pelaporan yang komprehensif terhadap pelaksanaan rencana pembangunan daerah.
  4. Meningkatkan keselarasan pembangunan daerah dengan rencana pemanfaatan ruang dan kajian lingkungan hidup strategis.



Penjelasan Misi Bappeda Kabupaten Bengkulu Selatan:

Misi 1 : Meningkatkan kualitas sumber daya manusia bidang perencana untuk memaksimalkan pengkajian dan pengembangan rencana pembangunan daerah yang berkualitas dan berkelanjutan

Peningkatan kualitas sumber daya manusia terutama bidang perencana menjadi salah satu keharusan yang tidak bisa dikesampingkan. Hal ini penting, karena peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) dapat menjadi investasi yang potensial, dikarenakan secanggih apapun teknologi yang dipergunakan, dan sebagus apapun harapan yang diharapkan tidak akan tercapai apabila tidak didukung oleh SDM yang berkualitas. SDM yang berkualitas mampu menjadi motor bagi terciptanya perencanaan pembangunan yang terarah, terpadu, komprehensif, partisipipatif dan mendukung pembangunan berkelanjutan.

Misi 2 : Meningkatkan koordinasi dan sinkronisasi yang lebih berkualitas dalam proses perencanaan pembangunan baik antardaerah, antarruang, antarwaktu, dan antarfungsi pemerintah daerah, maupun antar pusat dan daerah, serta antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan

Perencanaan pembangunan daerah merupakan subsistem dari sistem perencanaan pembangunan nasional. Sistem perencanaan pembangunan mengedepankan pada pendekatan perencanaan partisipatif yang berlandaskan pada prinsip keterbukaan dan partisipasi aktif seluruh pemangku kepentingan (stakeholders) dengan menerapkan prinsip kesetaraan dan keadilan. Pemantapan sistem perencanaan pembangunan daerah ditempuh dengan mengedepankan partisipasi aktif stakeholders agar mampu menghasilkan perencanaan pembangunan yang bersifat komprehensif, sehingga mampu memberikan arah kebijakan pembangunan dan menciptakan iklim kondusif bagi keterlibatan aktif stakeholders dalam keseluruhan proses pembangunan daerah.

Misi 3 : Meningkatkan fungsi monitoring, evaluasi dan pelaporan yang komprehensif terhadap pelaksanaan rencana pembangunan daerah.

Peningkatan fungsi monitoring, evaluasi dan pelaporan yang komprehensif perlu dilakukan sebagai upaya pengendalian dan pengawasan pelaksanaan rencana pembangunan daerah, sehingga tercipta keselarasan dan sinkronisasi mulai dari perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pengendalian dan pengawasan pembangunan daerah. Monitoring, evaluasi dan pelaporan yang baik menjadi bahan untuk perencanaan pembangunan ke depan sehingga lebih terarah, terpadu dan menjamin pelaksanaan pembangunan yang berkesinambungan.

Misi 4 : Meningkatkan keselarasan pembangunan daerah dengan rencana pemanfaatan ruang dan kajian lingkungan hidup strategis.

Perencanaan pembangunan daerah perlu disusun dan disesuaikan dengan rencana pemanfaatan ruang dan kajian lingkungan hidup strategis, agar tercipta keserasian peningkatan pembangunan daerah dengan peningkatan pengelolaan ruang lingkungan hidup. Dengan demikian diharapkan tidak akan terjadi pembangunan yang justru merusak lingkungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar