SELAMAT DATANG DI WEBSITE BAPPEDA KABUPATEN BENGKULU SELATAN

Bengkulu Selatan mendapat luncuran dana Quick Win MP3KI T.A 2014

Dalam rangka pengentasa kemiskinan, Pemerintah Republik Indonesia sejak tahun 2009 mendesain program Masterplan Percepatan dan Perluasan Pengurangan Kemiskinan di Indonesia (MP3KI). Program ini langsung menyasar masyarakat bawah yang mengalami kemiskinan ekstrim di Indonesia. Sebagai program andalan, MP3KI ini juga bertujuan untuk mengimbangi rencana besar pembangunan ekonomi yang terintegrasi dalam Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI)
Pemerintah tengah menyusun cetak biru untuk perencanaan jangka panjang pemberantasan kemiskinan di Indonesia melalui Masterplan Percepatan dan Perluasan Pengurangan Kemiskinan Indonesia atau MP3KI. Masterplan ini bakal terintegrasi dengan perencanaan lainnya seperti Rencana Pembangunan Jangka Menengah maupun Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia atau MP3EI.
MP3KI ini bakal mengintegrasikan program pro rakyat untuk empat klaster seperti bantuan sosial, Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM), Kredit Usaha Rakyat, maupun kredit mikro. "
Data dari Badan Pusat Statistik bahwa angka kemiskinan di Indonesia masih memprihatinkan. Dari total populasi sekitar 220 juta lebih, angka warga miskin mencapai 12, 36 persen dan hampir miskin mencapai 12 persen. Dijumlah secara keseluruhan, terdapat 60 juta orang miskin maupun hampir miskin.

"Warga hampir miskin juga rawan dengan sentakan dalam kebijakan maupun kondisi ekonomi negeri. Bila tidak siap, mereka bisa saja kembali lagi jadi warga miskin,"

Sehubungan dengan telah ditetapkan lokasi dan alokasi dana percepatan penururunan kemiskinan (Quick Win) MP3KI Tahun Anggaran 2014 melalui surat Menteri PPN/Kepala Bappenas No. 0309/M.PPN/11/2013, Kabupaten Bengkulu Selatan merupakan salah satu Kabupaten yang mendapat alokasi dana Quick Win program MP3KI koridor Sumatera Perdesaan yaitu Kecamatan Pino Raya. 
Ada beberapa hal yang perlu di perhatikan oleh Pemerintah daerah yang mendapat kucuran dana Quick Win ini adalah sebagai berikut :
1.      Kegiatan kegiatan yang di biayai dari dana Percepatan Pengurangan Kemiskinan (Quick Win) Tahun Anggaran 2014 bertujuan untuk meningkatkan penghidupan masyarakat miskin melalui peningkatan akses modal dan ekonomi, penyediaan infrastruktur dasar, peningkatan kapasitas massyarakat, perbaikan dan pengendalian lingkungan hidup, dan pengembangan modal sosial di masyarakat.
2.      Diantara kegiatan kegiatan tersebut adalah :
a.       Pembangunan Infrastruktur dasar di kantong kantong kemiskinan :
                                     I.             Pembangunan Infrastruktur jalan yang menghubungkan kantong kemiskinan dengan daerah lain atau membuka keterisolasian wilayah dalam rangka mempermudahakses masyarakat miskin menuju pusat pusat perekonomian
                        II.      Pembangunan Infrastruktur sanitassi dan air bersih yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat miskin
                                       III.            Pembangunan infrastruktur lainya seperti : penyedian fasilitass pendidikan dan kesehatan, penyedian jaringan listrik menuju rumah rumah keluarga miskin, pembangunan irigasi tersier, pembangunan dermaga dan atau pelabuhan yang menunjang kehidupan masyarakat miskin dan pembangunan los pasar untuk menggerakan penghidupan masyarakat miskin
b.      Pemberian bantuan modal dan asset secara bergulir kepada kelompok masyarakat miskin
c.       Pemberian pelatihan yang di sesuaikan dengan kebutuhan kelompok masyarakat miskin
3.      Penerima bantuan adalah kelompok masyarakat miskin. Penerima bantuan dan penyalurannya di tentukan dalam musyawarah masyarakat di Kecamatan yang menjadi lokasi Quick Win dengan mengaju kepada Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) dan Petunjuk Oprasional Khusus (PTO) Program Pengurangan Kemiskinan dan Program Penguatan Kecamatan, Kantong Kemiskinan TA 2014
4.      Petunjuk Pelaksanaan menjadi acuan bagi penyusunan Pedoman Teknis Oprasional (PTO) yang di persiapkan oleh masing masing pengelola program PNPM mandiri untuk disampaikan kepada Pemerintah Daerah dan Pelaksana Teknis Program di lapangan.
5.      Jenis Kegiatan yang tidak dapat di biayai dari dana Quick Win adalah :
a.       Penyediaan lahan;
b.      Bertentangan dengan rencana tata ruang dan rencana/peraturan lainnya;
c.       Pembangunan fasilitas Perkantoran dan rumah dinas;
d.      Pembangunan Fasilitas rumah ibadah atau sejenisnnya.
6.      Masyarakat di lokasi quick win selanjutnya melakukan prioritisasi kegiatan-kegiatan yang bersumber dari daftar usulan kegiatan quick win MP3KI TA 2014 sesuai dengan alokasi yang tersedia
7.      Hal-hal lebih lanjut di dalam pengelolaan dana Quick Win dan Penguatan Kecamatan Kantong Kemiskinan TA 2014 dapat dilihat secara terperinci di dalam PTO yang tercantum di Lampiran 2 Surat Dirjen PMD Kemendagri nomor surat : 402/303/PMD tanggal 13 Januari 2014 disini

KEGIATAN PRIORITAS PERCEPATAN MP3KI (QUICK WIN) KECAMATAN PINO RAYA
KABUPATEN BENGKULU SELATAN T.A 2014




1 komentar:

  1. Sebaiknya selalu ada pembaharuan Data terutama data Masyarakat Miskin KK


    BalasHapus