SELAMAT DATANG DI WEBSITE BAPPEDA KABUPATEN BENGKULU SELATAN

Bupati Mengawal Pelaksanaan Musrenbang Kecamatan Tahun 2014

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 telah mengamanatkan kepada Bappeda untuk menyusun Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) sebagai rencana tahunan pembangunan daerah. Tahapan dan mekanisme penyusunan RKPD telah diatur dalam Permendagri Nomor 54 Tahun 2010, dimana salah satu tahapannya adalah pelaksanaan Musrenbang Kecamatan.

Musrenbang Kecamatan merupakan forum musyawarah antar para pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas yang tercantum dalam Daftar Usulan Rencana Kegiatan Pembangunan Desa/Kelurahan yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah Kabupaten Bengkulu Selatan di wilayah kecamatan.

Adapun tujuan diselenggarakan Musrenbang Kecamatan, antara lain:
  1. Membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan desa/kelurahan yang menjadi prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang bersangkutan
  2. Membahas dan menyepakati kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang belum tercakup dalam prioritas kegiatan pembangunan desa
  3. Menyepakati pengelompokan kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan berdasarkan tugas dan fungsi SKPD Kabupaten Bengkulu Selatan.
Dalam rangka penyusunan RKPD Kabupaten Bengkulu Selatan Tahun 2015, dilaksanakan Musrenbang Kecamatan yang dimulai dari tanggal 17 Februari s/d 1 Maret 2014. Pelaksanaan Musrenbang Kecamatan pada tahun 2014 ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dimana Bupati Bengkulu Selatan berkenan hadir. Hal ini dilakukan sebagai upaya Bupati Bengkulu Selatan untuk lebih dekat dengan masyarakat, agar dapat mendengar langsung keinginan dan kebutuhan masyarakat, menyerap aspirasi dan masukan dari masyarakat serta memberikan solusi konkret bagi permasalahan-permasalahan yang dihadapi masyarakat.


Berikut ini dokumentasi Pelaksanaan Musrenbang Kecamatan di Kabupaten Bengkulu Selatan pada tahun 2014
  1. Kecamatan Ulu Manna
  2. Kecamatan Air Nipis
  3. Kecamatan Kedurang Ilir
  4. Kecamatan Kota Manna
  5. Kecamatan Bunga Mas
  6. Kecamatan Pino
  7. Kecamatan Kedurang
  8. Kecamatan Seginim
  9. Kecamatan Manna
  10. Kecamatan Pasar Manna
  11. Kecamatan Pino Raya

1 komentar: