Bappeda BS Gelar Sosialisasi Satu Data Indonesia

Kota Manna,- Kepala Bappeda BS Sukarni SP,M.Si menyampaikan sosialisasi satu data indonesia yang diselenggarakan merupakan implementasi amanat Perpres No.39 Tahun 2019 tentang satu data indonesia. Dimana satu data indonsia dimaksudkan untuk mengatur peyelenggaraan tata kelola data yang dihasilkan oleh instansi pusat dan instansi daerah untuk mendukung perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan pengendalian pembangunan.

Beliau menyampaikan satu data indonesia merupakan kebijakan tata kelola pemerintah untuk menghasilkan data yang akurat , mutakhir, terpadu dan dapat dipertanggung jawabkan, dan untuk acuan pelaksanaan dan pedoman penyelenggaraan tata kelola data, mendorong keterbukaan dan transparansi data serta mendukung sistem statistik nasional.

Penyelenggaraan satu data indonesia di tinggkat kabupaten sendiri dikoordinator langsung oleh kepala Bappeda Litbang dimana badan pusat statistik (BPS) selaku pembina dan walidata sendiri dipegang langsung oleh dinas Kominfo serta seluruh OPD merupakan produsen data.

Kepada seluruh OPD selaku produsen data harus memprioritaskan penyediaan data dan informasi yang diupdate secara realtime dan dikoleksi (database) secara baik dan rapi. Penyelenggaraan satu data di kabupaten bengkulu selatan sendiri perlu dibangun koordinasi yang lebih baik lagi dengan seluruh komponen penyelenggara satu data di bengkuklu selatan, dan collecting data serta publikasi pada sistem online yang dibangun oleh pemerintah pusat melalui Bappenas.

Sosialisasi data indonesia ini sendiri diselenggarakan di ruang aula bappeda BS yang dihadiri langsung oleh Bappeda Provinsi dalam hal ini diwakili oleh kasubid data dan informasi bappeda Provinsi serta kasubid data dan informasi dan kasubag umum kepegawain seluruh OPD yang ada di Kabupaten Bengkulu Selatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here