Bappeda Litbang BS Gelar Musrenbang RKPD Kabupaten Tahun 2022

Kota Manna, Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan melalui Bappeda Litbang gelar Musyawarah Rencana Pembangunan (MUSRENBANG) tingkat Kabupaten 2022 yang dilaksanakan di Gedung Pemuda Kota Manna. Musrenbang Kabupaten Bengkulu Selatan tahun 2022 ini adalah dalam rangka penyusunan RKPD tahun 2023 dengan tema “Peningkatan Daya Saing Ekonomi Daerah Melalui Hilirisasi Komuditi Unggulan didukung SDM dan Infrastruktur Berkualitas”.

Acara yang dihadiri oleh segenap perangkat daerah dan unsur Forkopimda serta gubernur Provinsi Bengkulu dalam hal ini diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Provinsi Bengkulu Ir.H.Fachriza, MM. Beliau menyampaikan untuk Tema pembangunan provinsi bengkulu ditahun depan adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui akselerasi pembangunan ekonomi yang berkelanjutan, beliau mengharapkan tema pembangunan tingkat provinsi ini dapat menjadi pedoman bagi pemerintah kabupaten bengkulu selatan dalam penyelarasan perencanaan pembangunan.

Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi juga menyampaikan Musrenbang kabupaten tahun 2022 untuk untuk penyusunan RKPD Kabupaten Bengkulu Selatan Tahun 2023 ini merupakan musyawarah perencanaan untuk pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan tahun kedua periode kepemimpinan kami pada tahun 2021-2024, beliau berharap program dan kegiatan pembangunan yang disusun nanti benar-benar mampu menterjemahkan visi dan misi uang kami bangun serta dapat diimplementasikan menjadi aksi nyata sehingga dapat meningkatnya kesejahteraan masyarakat Kabupaten Bnegkulu Selatan.

Goals atau cita-cita Kabupaten Bnegkulu Selatan pada tahun 2025, sebagaimana ditungkan dalam rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJPD) kabupaten bengkulu selatan tahun 2005-2025 adalah menjadi kabupaten yang masyarakatnya sejahtera, maju, mandiri dan demokratis berbasis agroindustri yang disokong dengan sumber daya manusia yang tangguh tegas beliau.

Untuk menjamin bergeraknya pembangunan di kabupaten bengkulu selatan pemerintah kabupaten memprioritaskan pembangunan daerah sebagai guidance dalam pelaksanaan pembangunan, dimana pemerintah kabupaten selalu mengupayakan pembangunan manusia dan pengentasan kemiskinan, optimalisasi komoditas unggulan dan hilirisasi menuju kemandiriian ekonomi, pengembangan infrastruktur berkualitas dan berkeadilan berwawasan lingkungan, pembangunan kawasan sumber ekonomi terpadu berbasis agroindustri dan transformasi tata kelola pemerintahan dan birokrasi berbasis teknologi informasi.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Bappeda Litbang BS Drs. H. Yulian Fauzi, M.AP juga menyampaikan dalam musrenbang kabupaten ini pendapatan daerah mengalami tren peningkatan setiap tahunnya yang sumber dananya didominasi oleh dana transfer, kondisi belanja APBD tahun 2022 Kabupaten bengkulu selatan juga mengalami keterbatasan anggaran pada APBD terutama untuk belanja barang dan jasa menjadi kendala dalam melaksanakan program-program prioritas, dengan adanya keterbatasan tersebut dibutuhkan inovasi dan kolaborasi bersama seluruh stakeholder untuk mendorong percepatan pencapaian peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Permasalahan yang dihadapi dalam pembangunan daerah di kabupaten bengkulu selatan, Masih tingginya angka kemiskinan, masih rendahnya kualitas dan akses layanan pendidikan,masih belum optimalnya kualitas dan akses layanan kesehatan, tingkat kemantapan infrastruktur masih belum memadai dan ketenagakerjaan yang belum profesional tegas beliau.

Terakhir beliau menyampaikan meminta dukungan dari pemerintah provinsi Bengkulu untuk peningkatan akses jalan nasional untuk peningkatan ekonomi dan pariwisata yang menghubungkan tiga daerah ( Manna,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here