Bappeda Litbang Dorong Peningkatan Pembangunan Berbasis Gender untuk Keberhasilan Pembangunan Bengkulu Selatan

Pembangunan daerah bertujuan untuk mewujudkan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembangunan daerah adalah bagaimana Pemerintah Daerah mampu mengintegrasikan perspektif gender dalam pembangunan yang dimulai dari proses perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, serta pemantauan dan evaluasi seluruh kebijakan, program dan kegiatan pembangunan.

Perencanaan yang responsif gender itu sendiri dapat diartikan sebagai suatu perencanaan yang dilakukan dengan memasukkan perbedaan-perbedaan pengalaman, aspirasi, dan permasalahan yang dihadapi perempuan dan laki-laki sebagai target dan sasaran dari pembangunan, ke dalam proses penyusunan perencanaan, sehingga kebijakan/program/kegiatan pembangunan tersebut dapat turut menjamin terwujudnya keadilan dan kesetaraan gender di berbagai sektor pembangunan. Proses ini juga dikenal dengan istilah pengarusutamaan gender (PUG) dalam perencanaan kebijakan/program/kegiatan pembangunan.

“Dengan kesetaraan gender khususnya di Bengkulu Selatan diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap pembangunan yang dimulai dari perencanaan, penganggaran dan seterusnya, sehingga secara riil mampu mendorong pencapaian visi dan misi daerah”, kata Kabid PPM Bappeda Litbang Rendra Febrianto, M.Si. pada saat menjadi narasumber kegiatan Sosialisasi PUG/PPRG di Dinas PPKBP3A Bengkulu Selatan.

Kegiatan yang dihelat di aula Dinas PPKBP3A (16/10/2019) itu, selain menyamakan persepsi seluruh pemangku kepentingan tentang pentingnya pengarusutamaan gender, juga bertujuan untuk membentuk vocal point guna mendukung percepatan pembangunan responsif gender di Kabupaten Bengkulu Selatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here