Bappeda Litbang gelar Bimtek Aplikasi E-Planning

Mengawali tahapan penyusunan perencanaan tahun 2021, Bappeda Litbang Kabupaten Bengkulu Selatan menggelar Bimtek aplikasi perencanaan berbasis elektronik (e-planning) di Gedung Pola Bappeda Litbang. Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari (15 dan 16 Januari 2010) itu dibuka secara resmi oleh Bupati Bengkulu Selatan yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum, Aswan, SH dan diikuti oleh operator Kecamatan, Desa dan Kelurahan.

Menyampaikan arahan Bupati, Asisten III mengatakan bahwa perencanaan yang baik harus mengedepankan pendekatan bottom-up, mengakomodir usulan dari bawah (masyarakat).

“Keberhasilan pembangunan diawali dari keberhasilan penyusunan perencanaan yang baik, yang memperhatikan skala prioritas sesuai usulan kebutuhan riil masyarakat. Untuk itu, penentuan prioritas program dan kegiatan yang dibutuhkan masyarakat harus dilakukan secara cermat dan tepat,” tutur Aswan.

Kepala Bappeda Litbang, Sukarni Dunip, SP.M.Si. mengatakan bahwa bimtek yang dilakukan untuk mempersiapkan operator kecamatan, desa dan kelurahan yang nantinya bertugas melakukan input usulan dari hasil musrenbang desa/kelurahan dan musrenbang kecamatan.

“Bimtek aplikasi e-planning merupakan bagian dari tahapan penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Bengkulu Selatan tahun 2021, yang penyusunannya dilakukan berbasis aplikasi sesuai dengan amanat Permendagri 86 tahun 2017. Operator Desa/Kelurahan bertugas melakukan input hasil musrenbang desa/kelurahan untuk kemudian dibahas pada musrenbang kecamatan guna menentukan skoring skala prioritasnya. Selanjutnya akan diteruskan ke OPD sebagai bahan penyusunan Rencana Kerja (Renja) OPD,” jelas Sukarni.

Bimtek dipandu langsung oleh Kabid. P2EPD Suwito bersama tim P2EPD yang menjelaskan secara rinci setiap tahapan proses input usulan masyarakat yang telah disepakati dalam musrenbang desa dan kelurahan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here