Bappeda Litbang Gelar FGD Masterplan Kawasan Agropolitan

Selasa (8/11), Bappeda Litbang Bengkulu Selatan menggelar acara focus group discussion (FGD) dalam rangka penyusunan Masterplan Kawasan Agropolitan Kabupaten Bengkulu Selatan. Acara yang digelar di Ruang Pola Bappeda tersebut dihadiri Kepala Bappeda Litbang serta OPD terkait dan dibuka secara resmi Sekretaris Daerah yang diwakili oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Novman Ahmad Ali, SE.

Dalam arahannya, Asisten II mengatakan bahwa pembangunan agropolitan sangat penting karena selain sesuai dengan ruh visi rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJPD), juga sebagai upaya untuk mengoptimalkan pembangunan berbasis potensi yang dimiliki daerah yaitu sektor pertanian, sehingga mampu mendorong peningkatan pendapatan masyarakat.

“Pembangunan Agropolitan diharapkan mampu mendorong tumbuh dan berkembangnya sistem dan usaha agribisnis yang berdaya saing, berbasis kerakyatan, berkelanjutan dan terdesentralisasi sehingga dapat meningkatkan pemberdayaan masyarakat petani agar lebih produktif,” ungkap Novman.

Kepala Bappeda Litbang Sukarni, SP.M.Si menambahkan, “penyusunan masterplan agropolitan merupakan langkah untuk optimalisasi pembangunan ekonomi secara terintegrasi, yang berorientasi pada pengembangan sektor pertanian sebagai sektor unggulan guna mewujudkan pembangunan berkelanjutan.”

“Pembangunan sektor pertanian harus dilakukan secara komprehensif dengan memperhatikan seluruh potensi yang ada, dan didukung oleh aturan yang memperkuatnya, seperti salah satunya Perda atau Perbup tentang LP2B. Hal ini penting sebagai bagian dari prasyarat untuk bisa mengakses program-program pemerintah pusat serta menarik luncuran dana DAK,” tutup Sukarni.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here