Bappeda Litbang Gelar Rapat Tugas dan Fungsi PUSKESOS

Manna, Dalam rangkaian kegiatan Bupati mengantor di Desa, Bappeda Litbang BS melalui Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia (PPM) juga melaksanakan kegiatan dan rapat tugas dan fungsi PUSKESOS bersama Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) dan seluruh kades sekecamatan Gunung Kayo.

Puskesos sendiri dibentuk untuk memudahkan warga miskin dan rentan miskin di Desa/Kelurahan terkait untuk menjangkau layanan perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan yang dikelola oleh Pemerintah Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota, pemerintah Desa/Kelurahan dan Swasta/CSR. Dimana pemerintah Desa/Kelurahan diharapkan menyediakan kontribusi aturan dan anggaran untuk pelaksanaan puskesos.

Untuk di Kecamatan Bunga Mas sendiri baru satu desa yang aktif melakukan tugas dan fungsi Puskesos dimana berdasarkan Permensos NO.161 Tahun 2020 tentang SLKT dan pembentukan Puskesos diharapkan seluruh Desa dan Kelurahan harus bisa membentuk Puskesos di Desa.

Puskesos desa juga merupakan perpanjanga tangan Dinas Sosial yang dibentuk didesa untuk memberikan pelayanan dan penanganan masalah pendataan masyarakat miskin yang belum terdata di data DTKS dan masyarakat yang belum menerima bantuan sosial seperti PKH, BPNT dan lain-lain.

Secara teknis Puskesos dapat menumbuhkembangkan data yang valid yang ada didesa baik data masyarakat miskin, rentan miskin, serta menghimpun semua usulan yang dibutuhkan oleh masyarakat, Puskesos didesa sendiri sangat penting karena dapat memberikan manfaat yang sangat besar di masyarakat dalam membantu kepala desa dalam urusan pendataan dan kebutuhan masyarakat.

Dengan terbentuknya Puskesos didesa tugas daripada kepala desa sudah sangat mudah karena semua pendataan yang dibutuhkan masyarakat sudah ada di puskesos. Dengan terbentuknya Puskesos Desa/Kelurahan dan Sistem Layanan Rujukan Terpadu di Dinas Sosial Kabupaten Bengkulu Selatan maka akan bersinergi antara Desa/Lurah dengan Dinas Sosial Kabupaten Bengkulu Selatan bersama OPD terkait dalam pendampingan permasalahan sosial di masyarakat dan akan tetap dilakukan proses evaluasi sehingga kedepannyan berjalan dengan efektif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here