Bappeda Litbang ikuti Rapat Awal Pembahasan RPJMD Tahun 2021-2026

Kota Manna, senin 10 mei 2021 Bertempat di ruang rapat anggota DPRD Bengkulu Selatan Bupati, Sekda, Kepala Bappeda dan tim penyusun RPJMD mengikuti rapat awal pembahasan RPJMD tahun 2021-2026, dalam agenda rapat tersebut dihadiri langsung oleh ketua DPRD dan seluruh anggota DPRD kabupaten bengkulu selatan. Kegiatan Rapat ini pula dibuka langsung oleh ketua DPRD Bengkulu Selatan Barli Halim.

Dalam rapat ini Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi menyampaikan bahwa bahwa RPJMD ini merupakan periode terakhir untuk RPJP. RPJMD ini sendiri diarahkan untuk menjawab permasalahan yang ada di kabupaten bengkulu selatan, yang meliputi capaian dan evaluasi pembangunan kabupaten bengkulu selatan, proyeksi indikasi pendanaan dan isu strategis. Gusnan Mulyadi sendiri berharap RPJMD ini bisa sesuai dengan fungsinya.

Kepala Bappeda-Litbang Sukarni SP.M.Si juga menyampaikan penyusunan RPJMD kabupaten bengkulu selatan tahun 2021-2026 disusun sesuai amanat undang-undang no 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, sebagai dokumen perencanaan pembangunan daerah sesuai visi misi dan program bupati dan wakil bupati terpilih.

Sukarni juga menjelaskan untuk prioritas pembangunan daerah meliputi beberapa sektor antara lain pembangunan manusia dan pengentasan kemiskinan, optimalisasi komoditas unggulan dan hilirisasi menuju kemandirian ekonomi, pengembangan infrastruktur berkualitas dan berkeadilan berwawasan lingkungan, pembangunan sumber ekonomi terpadu berbasis agroindustri, transformasi tata kelola pemerintahan dan inovasi pelayanan publik berbasis teknologi informasi.

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Bengkulu Selatan Tahun 2021-2026 disusun dengan tetap mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Nasional dan RPJM Daerah Provinsi Bengkulu, agar tercipta koordinasi dan sinkronisasi berbagai program pembangunan sehingga saling mendukung, konsisten, sinergis, sejalan dan selaras serta menghindari terjadinya tumpang tindih yang pada akhirnya diharapkan berbagai program pembangunan yang dilakukan bisa memberi manfaat yang lebih besar kepada masyarakat ungkap beliau.

Terakhir dalam rapat tersebut bupati bengkulu selatan menandatangani nota kesepakatan antara pemerintah kabupaten bengkulu selatan dengan dewan perwakilan rakyat daerah kabupaten bengkulu selatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here