Bappeda Litbang Ikuti Sosialisasi Kebijakan DAK 2022

Guna persiapan pengusulan Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2022, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas menyelenggarakan sosialisasi kebijakan DAK 2022, sebagai tindak lanjut amanat dari ketentuan Pasal 51 dan 52 PP No. 55 Tahun 2005 tentang Dana Perimbangan. Sosialisasi yang dilaksanakan pada Rabu (19/5/2021) tersebut juga sebagai bagian dari proses penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2022, yang mengangkat Tema: “Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural”.

Kepala Bappeda Litbang, Sukarni, SP.M.Si. didampingi Kasubbid. Evaluasi Ii Suhantri, SP.M.Si. menyampaikan bahwa sosialisasi dilakukan untuk penyamaan persepsi terkait dengan kebijakan DAK 2022 dan sekaligus persiapan pengusulan DAK 2022.

“Dana Alokasi Khusus (DAK) 2022 masih akan fokus pada Bidang yang berdampak langsung pada pertumbuhan ekonomi sebagai respon terhadap dampak pandemi COVID 19, dan direncanakan akan ada penambahan menu Bidang DAK UMKM dan Bidang Perdagangan”, jelas Ii Suhantri.

Penyampaian usulan DAK Tahun 2022 akan dimulai pada tanggal 21 Mei sampai dengan tanggal 21 Juni 2021 dengan memanfaatkan aplikasi KRISNA sebagaimana telah dilakukan pada pengusulan DAK tahun-tahun sebelumnya.

“Kami berharap seluruh OPD yang terkait dengan menu Bidang DAK, untuk dapat mempersiapkan data-data teknis yang dibutuhkan, sehingga pada saat penginputan usulan DAK melalui Aplikasi KRISNA nantinya benar-benar bisa tepat dan berlangsung dengan lancar. Apabila ada kendala silahkan berkoordinasi dengan Bappeda, insya Allah kita siap memberikan pelayanan 24 jam gratis seumur hidup“, tutup Ii Suhantri.

Materi Sosialisasi Kebijakan DAK Fisik 2022 dapat diunduh pada link berikut:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here