Bappeda Litbang Kabupaten Bengkulu Selatan Menghadiri Acara Program Pengembangan Food Estate di Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Provinsi Bengkulu

Kamis, 24 Februari 2022. Bappeda Litbang Kabupaten Bengkulu Selatan Menghadiri Acara Program Pengembangan Food Estate di Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Provinsi Bengkulu. Pembangunan Food Estate merupakan konsep pengembangan produksi pangan yang dilakukan secara terintegrasi dan terdiri atas pertanian, perkebunan, serta peternakan di lahan yang luas. Program pengembangan Food Estate dijadikan sebagai suatu moda produksi yang terintegrasi dari hulu ke hilir, dan diimplementasikan dengan tujuan mewujudkan kebutuhan pangan di Indonesia.

Food Estate sebagai salah satu Program Strategis Nasional (PSN) 2020-2024 untuk mendukung ketahanan pangan nasional dengan tujuan akhir dari program ini adalah kemakmuran Petani melalui modernisasi sistem pertanian dan permodalan yang kuat.

Bupati dan Wakil Bengkulu Selatan menyambut baik program strategis nasional ini dan memutuskan untuk menindaklanjuti pembangunan Food Estate di wilayah Kabupaten Bengkulu Selatan untuk mendukung ketahanan pangan Indonesia, tersebar di Kecamatan Ulu Manna, Air Nipis, Seginim, Kedurang, Kedurang ilir dan Kecamatan Bunga Mas. Luas lahan yang digunakan sebagai area usulan pengembangan Food Estate di keenam kecamatan tersebut yaitu seluas kurang lebih 26.435 Ha dibagi menjadi 3 cluster pengembangan komoditas unggulan yaitu Cluster 1 komoditas Padi, Cluster 2 komoditas Jagung dan Cluster 3 komoditas Jagung dan Kopi.

Langkah awal yang dilakukan untuk mewujudkan program tersebut, OPD Bappeda Litbang Kabupaten Bengkulu Selatan bekerjasama dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Bengkulu menyusun Grand design dan Action Plan Pengembangan Kawasan Food Estate Bengkulu Selatan dan telah berkoordinasi intensif dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Bengkulu untuk skema pemanfaatan Kawasan Hutan mendukung Ketahanan Pangan (KHKP). Ditargetkan pada pertengahan tahun 2022 telah tersedia Desain Besar dan Rencana Aksi pengembangan food estate Bengkulu Selatan. Sedangkan proses perijinan pemanfaatan Kawasan hutan negara untuk mendukung ketahanan pangan ditargetkan selesai akhir 2022. Diharapkan pada tahun 2023 adalah tahun awal pelaksanaan pengembangan food estate.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here