Bappeda Litbang Menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan ( MUSRENBANG ) RPJMD Tahun 2021-2026

Kamis 24 juni 2021 Bappeda-Litbang Bengkulu Selatan melalui bidang Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah (P2EPD) menggelar musyawarah rencana pembangunan ( MUSRENBANG ) RPJMD tahun 2021-2026. Acara yang digelar di gedung pemuda kota manna ini dihadiri langsung bupati bengkulu selatan gusnan mulyadi, selain bupati hadir pula asisten 1 provinsi dalam hal ini mewakili gubernur bengkulu, anggota DPRD provinsi dapil manna-kaur, bappeda bengkulu, bappeda seluma, bappeda kaur, bappeda pagaralam, BPTP bengkulu, BKSDA bengkulu, Sekda bengkulu selatan, unsur muspida, tokoh masyarakat, camat dan semua kepala OPD di jajaran kabupaten bengkulu selatan.

Kepala Bappeda Litbang BS Sukarni, SP, M.Si mengatakan, digelarnya Musrenbang RPJMD ini demi mencapai visi misinya sehingga perlu dilakukan penyesuaian pembangunan jangka menengah 2021-2026 dan tidak melenceng dari visi misi bupati dan wakil bupati.“Karena tujuan musrenbang ini agar terwujudnya harmonisasi dan sinkronisasi program pemerintah pusat, pemerintah provinsi bengkulu dan pemerintah kabupaten. Maka dari itu sangat dibutuhkan masukan dari seluruh stakeholder sebagai bahan penyempurnaan rancangan RPJMD menjadi rancangan akhir RPJMD 2021-2026,” papar Sukarni.

Sementara itu, Bupati BS Gusnan Mulyadi Forum musrenbang ini mempunyai arti penting, karena seluruh pemangku kepentigan dapat berpartisipasi melakukan penajaman, penyelarasan dan klarifikasi terhadap seluruh rencana pembangunan daerah sesuai dengan ketentuan undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah sehingga tercapai kesepakatan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat kabupaten bengkulu selatan. Beliau juga menyampaikan Musrenbang RPJMD merupakan forum yang sangat strategis dalam menentukan perencanaan pembangunan BS untuk 5 tahun ke depan. “Saya berharap penyusunan RPJMD ini dapat dilakukan dengan cermat dan komprehensif, serta memperhatikan masukan dan pertimbangan dari para pemangku kepentingan pembangunan,” tegas Bupati.

Gusnan berharap dengan forum Musrenbang ini bisa menjadi media efektif dalam penajaman terhadap tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan, dan program pembangunan daerah. “Dan untuk seluruh stakeholder pembangunan yang hadir, saya harap dapat memberikan sumbangan pemikiran, saran, dan masukan guna penyempurnaan Rancangan RPJMD Kabupaten BS Tahun 2021-2026,”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here