Bappeda Bersiap Menggelar Musrenbang RKPD Tingkat Kecamatan

Ilustrasi: Musrenbang Kecamatan Tahun 2019

Perencanaan yang baik adalah yang disusun dengan mengedepankan pendekatan-pendekatan sebagaimana diatur dalam Permendagri Nomor 86 Tahun 2017, diantaranya teknokratik, partisipatif, politis serta atas-bawah dan bawah atas (bottom-up). Hal itu disampaikan oleh Kepala Bappeda Litbang, Sukarni Dunip, SP.M.Si. pada acara rapat pembahasan jadwal musrenbang RKPD tingkat tingkat kecamatan bersama para camat beberapa waktu lalu.

“Perencanaan pembangunan daerah disusun n-1. Dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Bengkulu Selatan Tahun 2021, Bappeda akan melaksanakan musrenbang kecamatan sebagai media untuk menyelaraskan program/kegiatan sesuai usulan prioritas dari masyarakat untuk kemudian diakomodir dalam renja OPD,” tutur Sukarni.

Kabid. P2EPD Bappeda Litbang, Suwito, menyatakan bahwa musrenbang RKPD tingkat kecamatan merupakan tahapan yang harus dilakukan dalam penyusunan perencanaan pembangunan daerah tahun 2021, dimana dalam musrenbang melibatkan para pemangku kepentingan guna mendapatkan masukan program/kegiatan prioritas yang nanti akan diperjuangkan bersama-sama.

“Melalui musrenbang RKPD tingkat kecamatan diharapkan nantinya terbangun sinergitas yang baik dalam upaya mendorong percepatan pembangunan daerah,” tutup Suwito.

Berikut Jadwal Musrenbang RKPD Tingkat Kecamatan Tahun 2020 untuk Penyusunan RKPD Kabupaten Bengkulu Selatan Tahun 2021

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here