Bidang P2EPD

Kepala Bidang Perencanaan, Pengendalian Dan Evaluasi Pembangunan Daerah mempunyai tugas melaksanakan analisa dan pengkajian, penyusunan, pengintegrasian, harmonisasi, sinkronisasi, pengkoordinasian, pengendalian dan evaluasi serta pelaporan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan daerah.

Untuk melaksanakan tugas tersebut, Kepala Bidang Perencanaan, Pengendalian Dan Evaluasi Pembangunan Daerah menyelenggarakan fungsi:

  1. penyusunan rencana pelaksanaan tugas di Bidang Perencanaan, Pengendalian Dan Evaluasi Pembangunan Daerah;
  2. penyusunan dan pelaksanaan standar pelayanan publik dan standar operasional prosedur di Bidang Perencanaan, Pengendalian Dan Evaluasi Pembangunan Daerah;
  3. pengkoordinasian penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah;
  4. pelaksanaan analisa dan  pengkajian perencanaan dan pendanaan  pembangunan daerah;
  5. pelaksanaan analisa dan pengkajian kewilayahan;
  6. pelaksanaan pengumpulan dan analisa data dan informasi pembangunan untuk perencanaan pembangunan daerah;
  7. pengintegrasian dan harmonisasi program-program  pembangunan di daerah;
  8. perumusan kebijakan, penyusunan perencanaan, pengendalian, evaluasi dan informasi pembangunan daerah;
  9. pengkoordinasian dan sinkronisasi pelaksanaan kebijakan perencanaan dan penganggaran di daerah;
  10. pelaksanaan evaluasi terhadap kebijakan perencanaan pembangunan daerah, dan pelaksanaan rencana pembangunan daerah, serta hasil rencana pembangunan daerah;
  11. pelaksanaan pengendalian melalui pemantauan, supervisi dan tindak lanjut penyimpangan terhadap pencapaian tujuan program dan kegiatan sesuai dengan kebijakan pembangunan daerah;
  12. pelaksanaan identifikasi permasalahan pembangunan daerah;
  13. penyajian dan pengamanan data informasi pembangunan daerah melalui bahan cetak dan elektronik sebagai bahan dokumentasi;
  14. pengelolaan hasil analisis dan hasil evaluasi untuk penyiapan pelaporan program dan kegiatan pembangunan daerah;
  15. penyusunan hasil evaluasi dan laporan pelaksanaan program pembangunan daerah;
  16. pengevaluasian dan pelaporan pelaksanaan tugas Bidang Perencanaan, Pengendalian Dan Evaluasi Pembangunan Daerah; dan
  17. pelaksanaan tugas kedinasan lainnya yang diberikan atasan.

Kepala Bidang Perencanaan, Pengendalian Dan Evaluasi Pembangunan Daerah membawahi:

  1. Kepala Sub Bidang Perencanaan dan Pendanaan;
  2. Kepala Sub Bidang Data dan Informasi;
  3. Kepala Sub Bidang Pengendalian, Evaluasi dan Pelaporan.

Kepala Sub Bidang Perencanaan dan Pendanaan

Kepala Sub Bidang Perencanaan dan Pendanaan mempunyai tugas melaksanakan penyusunan bahan pengkajian, analisis, perumusan, pengkoordinasian, pembinaan serta evaluasi perencanaan pembangunan daerah.

Untuk melaksanakan tugas tersebut, Kepala Sub Bidang Perencanaan dan Pendanaan menyelenggarakan fungsi:

  1. penyusunan rencana pelaksanaan tugas di Sub Bidang Perencanaan dan Pendanaan;
  2. penyusunan dan pelaksanaan standar pelayanan publik dan standar operasional prosedur di Sub Bidang Perencanaan dan Pendanaan;
  3. pengkajian, analisis, dan perumusan kerangka perencanaan pembangunan daerah melalui pendekatan holistik integratif;
  4. penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah (RPJPD, RPJMD dan RKPD);
  5. pengkoordinasian penyusunan Rencana Strategis (Renstra) dan Rencana Kerja (Renja) perangkat daerah;
  6. pengoordinasian dan sinkronisasi pelaksanaan pengembangan kebijakan perencanaan dan penganggaran pembangunan daerah;
  7. pengoordinasian dan sinkronisasi analisis perencanaan dan pengembangan pendanaan pembangunan daerah;
  8. pengoordinasian pagu indikatif pembangunan daerah;
  9. pengkajian, analisis, dan perumusan kebijakan kewilayahan dan konektivitas daerah;
  10. pengoordinasian dan sinkronisasi pelaksanaan pengembangan kebijakan perencanaan pembangunan daerah secara holistik integratif untuk kewilayahan dan konektivitas;
  11. sinkronisasi kebijakan sektoral dan kewilayahan dalam penentuan prioritas pembangunan di daerah;
  12. pengevaluasian, pengendalian dan pelaporan  pelaksanaan tugas Sub Bidang Perencanaan dan Pendanaan;
  13. pelaksanaan tugas kedinasan lainnya yang diberikan atasan.

Kepala Sub Bidang Data dan Informasi

Kepala Sub Bidang Data dan Informasi mempunyai tugas melaksanakan penyusunan bahan perumusan, pengkoordinasian dan pembinaan serta evaluasi pelaksanaan kebijakan kelembagaan dan sarana prasarana pendidikan anak usia dini dan pendidikan nonformal.

Untuk melaksanakan tugas tersebut, Kepala Sub Bidang Data dan Informasi menyelenggarakan fungsi:

  1. penyusunan rencana pelaksanaan tugas di Sub Bidang data dan informasi;
  2. penyusunan dan pelaksanaan standar pelayanan publik dan standar operasional prosedur di Sub Bidang data dan informasi;
  3. melakukan pengumpulan data pembangunan daerah;
  4. mengelola data pembangunan daerah sesuai jenisnya sebagai bahan penyusunan rencana pembangunan daerah;
  5. mengelola hasil analisis atas hasil evaluasi untuk penyiapan pelaporan program dan kegiatan pembangunan daerah;
  6. menyusun rencana kegiatan pengolahan data sesuai kebutuhan sebagai acuan pelaksanaan tugas unit terkait;
  7. menyajikan data pembangunan daerah sesuai kebutuhan sebagai bahan informasi;
  8. melakukan pengamanan data hasil pembangunan daerah melalui bahan cetak dan elektronik sebagai bahan dokumentasi;
  9. mengkoordinasikan pendataan dan pelaporan atas capaian pelaksanaan rencana pembangunan daerah;
  10. pengevaluasian, pengendalian dan pelaporan  pelaksanaan tugas Sub Bidang Data dan Informasi;
  11. pelaksanaan tugas kedinasan lainnya yang diberikan atasan.

Kepala Sub Bidang Pengendalian, Evaluasi dan Pelaporan

Kepala Sub Bidang Pengendalian, Evaluasi dan Pelaporan mempunyai tugas melaksanakan penyusunan bahan perumusan, pengkoordinasian dan pembinaan serta evaluasi pelaksanaan kebijakan pembinaan minat, bakat, prestasi, dan pembangunan karakter peserta didik pendidikan anak usia dini dan pendidikan nonformal.

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Kepala Sub Bidang Pengendalian, Evaluasi dan Pelaporan menyelenggarakan fungsi:

  1. penyusunan rencana pelaksanaan tugas di Sub Bidang Pengendalian, Evaluasi dan Pelaporan;
  2. penyusunan dan pelaksanaan standar pelayanan publik dan standar operasional prosedur di Sub Bidang Pengendalian, Evaluasi dan Pelaporan;
  3. penghimpunan bahan kebijakan teknis sistem evaluasi pembangunan daerah sesuai kebutuhan sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  4. penyiapan bahan pengembangan sistem dan prosedur evaluasi, pengendalian dan pelaporan kegiatan terhadap pengendalian, perumusan kebijakan perencanaan dan evaluasi terhadap hasil rencana pembangunan daerah;
  5. pengkoordinasian evaluasi, pengendalian dan pelaporan atas capaian pelaksanaan rencana pembangunan daerah;
  6. pelaksanaan pengendalian melalui pemantauan, supervisi dan tindak lanjut penyimpangan terhadap pencapaian tujuan agar program dan kegiatan sesuai dengan kebijakan pembangunan daerah;
  7. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas dan fungsi perencanaan pembangunan daerah melalui pemantauan, evaluasi, pengendalian dan pelaporan pelaksanaan rencana pembangunan daerah;
  8. pelaksanaan evaluasi rencana dan pembangunan secara bulanan, triwulan, semester, dan tahunan untuk menjadi bahan penyusunan program pembangunan daerah selanjutnya;
  9. penghimpunan data hasil evaluasi pembangunan daerah sesuai program dan kegiatan sebagai bahan penyusunan pelaporan;
  10. penyusunan laporan hasil evaluasi rencana dan pelaksanaan pembangunan daerah sebagai bahan penilaian;
  11. menindaklanjuti laporan hasil evaluasi secara berjenjang sebagai bahan penyusunan program lanjutan;
  12. pengevaluasian, pengendalian dan pelaporan  pelaksanaan tugas Sub Bidang Pengendalian, Evaluasi dan Pelaporan; dan
  13. pelaksanaan tugas kedinasan lainnya yang diberikan atasan.