Bupati Menerima Kunjungan Tim Terpadu Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI

Kota Manna,- Rabu 13 oktober Bupati BS, kepala Bappeda Litbang dan Kepala Dinas DLHK BS menerima langsung kunjungan tim terpadu kementerian lingkungan hidup dan kehutanan RI dalam rangka perubahan peruntukan dan fungsi kawasan hutan seluas 705.23 ha. Dalam kunjungannya tim terpadu kementerian lingkungan hidup dan kehutanan RI diterima langsung di kediaman rumah dinas bupati BS.

Adapun Dasar pengusulan perubahan fungsi dan peruntukan kawasan hutan ini sendiri susuai dengan surat Bupati BS nomor 522/64/D/KEHUT dan ESDM/2016 perihal encave kawaan hutan HPT peraduan tinggi, surat bupati BS Nomor 050/255/B.1/Bappeda-Litbang/2019 perihal usulan perubahan peruntukan dan fungsi kawasan hutan, serta surat Bupati BS Nomor 050/382/B.3/Bappeda-Litbang/2019perihal penyampaian usulan perubahan peruntukan dan fungsi kawasan hutan. Dimana pengusulan melalui RTRW Provinsi Bengkulu.

Dimana luas kawasan yang diusulkan berada di beberapa titik di Kabupaten bengkulu selatan diantaranya HL bukit mandara dusun batu ampar untuk dialih fungsi ke APL seluas 109.56 HA, HPT peraduan tinggi desa bandar agung dan kayu ajaran untuk dialih fungsikan ke APL dusun air kiliran seluas 166.18 HA dan dusun simpuran (trans simpur) seluas 24.98 HA, HL bukit riki dusun tanjung tengah untuk dialihkan fungsi ke APL seluas seluas 70.13, dan HL bukit rabang untuk dialih fungsi ke tahura air geluguranseluas 334.38 HA.

Untuk mendukung perubahan peruntukan dan fungsi kawasan hutan Kabupaten Bengkulu Selatan telah dibentuk tim pendukung yang didasari oleh keputusan bupati BS Nomor 050/105 Tahun 2021. Dimana unsur yang terkait dalam tim pendukung ini sendiri diantaranya bappeda Litbang, KPHL, BPN, Dinas DLHK, Dinas Pertanian dan bagian Tata Pemerintahan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here