Dorong Pengembangan Inovasi Daerah, Bappeda Litbang Adakan Rapat Evaluasi.

Kota Manna.- Bertempat di Aula Bappeda Litbang, Senin 29 Maret 2021 Bappeda-Litbang Bengkulu Selatan melalui Bidang Penelitian dan Pengembangan melakukan Rapat Evaluasi Pelaksanaan Inovasi tahun 2020 dan Persiapan Input Indeks Inovasi Daerah Tahun 2021 yang diikuti oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan camat di lingkungan pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan.

Acara ini dibuka secara resmi oleh Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi, MM yang diwakili oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Yunizar Hasan, SH, M.Si.

Yunizar Hasan mengatakan bahwa inovasi menjadi aspek penting dalam pembangunan, sehingga setiap OPD diharapkan mampu menganalisis permasalahan dan melakukan inovasi sebagai solusi.

Kita harapkan dengan meningkatnya inovasi OPD,dapat mendorong peningkatan pelayanan publik. Pelayanan publik yang inovatif akan meningkatkan pelayanandan daya saing yang semakin tinggidimanapada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Bengkulu Selatan ujar Yunizar Hasan.

Kepala Bappeda-Litbang Sukarni, SP.,M.Si menjelaskan tentang hasil yang dicapai pemerintah daerah Kabupaten Bengkulu Selatan dalam indeks inovasi daerah yang menempati peringkat 149 nasional sebagai Kabupaten Inovatif. Oleh karena itu untuk meningkatkan indeks inovasi daerah tahun 2021, maka pada saat ini sedang disusun peraturan bupati tentang inovasi daerah yang salah satu poin nya adalah menjelaskan bahwa setiap bidang OPD diwajibkan untuk membuat satu inovasi.

Selanjutnyauntuk memaksimalkan koordinasi dalam pengembangan inovasi, Kepala OPD menunjuk satu orang pejabat/staf/tenaga harian lepas (THL)yang bertugas menganalisis dan mengembangkan inovasi di masing-masing OPD, yang dikemas dengan nama Agen Inovasi (Agent of change) ujar Sukarni.

Kepala Bidang Litbang Adityawan Widi Retmono, SPi.MM berharap setiap OPD mampu mengembangkan inovasi di masing-masing OPD, dan Bidang Litbang siap membantu OPD dalam pengembangan inovasi.

Untuk mudahnya berkoordinasi dalam pengembangan inovasi OPD, Bappeda Litbang melalui Bidang Penelitian dan Pengembangan membentuk Klinik Inovasi yang diharapkan dapat membantu setiap OPD dalam mengembangkan inovasi, sehingga berhasil secara optimal, tutup Adit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here