FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) GRAND DESIGN PETERNAKAN

Kota Manna

Bertempat di Aula Bappeda-Litbang Bengkulu Selatan 7 Desember 2020 telah dilaksanakan Focus Group Discussion (FGD) Grand Design Peternakan yang dihadiri oleh Asisten 1 Yunizar hasan mewakili Wabup Bengkulu Selatan, Nara Sumber dari BPTP Balitbangtan Provinsi bkl Dr. Andi Ishak, A.Pi , M.Si, Kepala Bappeda-Litbang Bengkulu Selatan Sukarni SP.M.S,i dan semua jajaran OPD di Kabupaten Bengkulu Selatan.

Dalam acara tersebut Asisten 1 Bengkulu Selatan mewakili Wakil Bupati Bengkulu Selatan memberikan sambutan, sebagai salah satu prioritas Nasional kedaulatan pangan berada pada dimensi pembangunan sektor unggulan dan menjadi hal yang wajib bagi pemerintah daerah untuk menjamin ketersediaan dan keamanan pangan masyarakat.

Visi rencana pembangunan jangkah menegah daerah Kabupaten Bengkulu Selatan tahun 2016-2021 yaitu ” Terwujudnya masyarakat madani menuju Bengkulu Selatan Emas” yang diwujudkan ke dalam kedaulatan pangan yang berorientasi pada pengembangan sektor pertanian.

Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan memberikan solusi dengan beberapa kebijakan yang menyentuh masyarakat Kabupaten Bengkulu Selatan yang diawali dengan Penyusunan Grand Design peternakan.

Yunizar Hasan selaku asisten 1 sangat mengapresiasi langkah yang telah dilakukan oleh Bapedda-Litbang Bengkulu Selatan yang bekerja sama dengan BPTP Balitbangtan Provinsi Bengkulu yang menurunkan langsung 12 orang tim ahli untuk menyusun Grand Design peternakan. terakhir beliau menyampaikan agar kebijakan ini dapat berjalan dengan lancar dan dapat diapresiasi oleh masyarakat.

Pada kesempatan yang sama Kabid Perekonomian, SDA dan Infrastruktur Dwi Prian Dona.ST juga memberikan penjelasan mengenai Grand Design Peternakan dimana beliau menyampaikan kondisi ekonomi triwulan lll tahun 2020 satu-satunya sektor yang masih positif hanyalah sektor pertanian. Dalam hal Peternakan, ternak adalah salah satu dari sekian sumber daya alam yang memberikan kontribusi positif pada pembangunan nasional, pengelolaan komoditas peternakan yang benar akan meningkatkan produktifitas terna, penyuburan lahan pertanian, energi alternatif dan kesejahteraan peternak.

Pada tahun 2021 nanti Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan dengan program prioritasnya satu keluarga satu sapi (SAKTI) maka diperlukan Grand Design peternakan dimana Grand Design ini bertujuan untuk meningkatkan produksi ternak melauli program penumbuhan kampung ternak intensif terpadu (Paten Terpadu).

Dalam Penyusunan Grand Design peternakan ini sendiri Kabupaten Bengkulu Selatan bekerjasama antara Bappeda-Litbang Kabupaten Bengkulu Selatan dengan Balai PengkajianTeknologi Pertanian (BPTP BALITBANGTAN) Provinsi Bengkulu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here