FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) PENYUSUNAN RANCANGAN TEKNOKRAKTIK RPJMD KABUPATEN BENGKULU SELATAN TAHUN 2021-2025

Kota Manna,- Berdasarkan ketentuan Pasal 41 Peraturan Menteri Dalam Negeri No 86 tahun 2017, bahwa penyusunan RPJMD diawali dengan penyusunan rancangan teknokratik untuk mempersiapkan rancangan dokumen perencanaan 5 ( Lima ) tahunan sebelum penetapan Kepala Daerah terpilih pada tahun 2020, guna memperoleh saran dan masukan terhadap isu-isu strategis pembangunan daerah.

Dengan adanya ketentuan tersebut Bappeda-Litbang Kabupaten Bengkulu Selatan melakukan kegiatan Focus group Discussion ( FGD ) yang dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 14-15 Desember 2020, acara tersebut dibuat menjadi dua sesi, dimana pada hari pertama acara dihadiri oleh organisasi kemasyarakatan dan pada hari kedua acara dihadiri oleh OPD yang berada di Kabupaten Bengkulu Selatan.

Pada hari selasa tanggal 14 Desember 2020 hadir juga Gusnan Mulyadi selaku Bupati Bengkulu Selatan untuk membuka rangkaian acara, dalam sambutan nya Bupati Bengkulu Selatan menyampaikan pembangunan Daerah Harus tetap berjalan untuk menjamin tercapainya tujuan pembangunan di Kabupaten Bengkulu Selatan menjadi Kabupaten yang sejahtera, maju, mandiri dan demokratis yang berbasis pada Argoindustri dan sumber daya manusia yang tangguh sebagaimana telah tertuang dalam Perda Nomor 7 Tahun 2011 tentang RPJMD Kabupaten Bengkulu Selatan Tahun 2005-2025.

Selain Bupati Bengkulu Selatan Kepala Bappeda-Litbang Sukarni, SP.,M.Si juga memberikan arahan dimana RPJMD Tahun 2016-2021 berakhir pada tahun 2021, dimana Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 dan Undang-Undang 23 Tahun 2014 dan Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 yang menjadi dasar hukumnya.

Beliau juga menyampaikan Rancangan Teknokratik RPJMD Menurut Permendagri 86 Tahun 2017 adalah rancangan dokumen perencanaan lima tahunan yang disiapkan oleh Pemerintah Daerah dengan sepenuhnya menggunakan pendekatan Teknokratik yaitu dengan menggunakn metode dan kerangka berfikir ilmiah untuk mencapai tujuan dan sasaran pembangunan Daerah sebelum terpilihnya Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah.

Untuk mencapai tujuan tersebut harus adanya masukan dalam permasalahan Pembangunan Daerah dan mendapatkan masukan dalam perumusan isu strategis Daerah.

Rabu 15 Desember 2020 Forum Group Discussion dilanjutkan dengan arahan Bupati Bengkulu Selatan dimana beliau mengevaluasi kinerja Pembangunan Daerah Kabupaten Bengkulu Selatan dimana semuanya belum ada pencapaian yang terbaik, beliau menyarankan agar setiap OPD lebih fokus dalam menjalankan program pemerintahan.

Disamping itu bupati bengkulu Selatan juga memberikan visi dan misi agar terwujudnya masyarakat madani menuju Bengkulu selatan Elok, Maju, Aman, Sejahtera Berlandaskan Cinta Bengkulu Selatan.

Selain Visi dan Misi beliau juga menyampaikan program prioritas dan program prioritas Pemerintah Daerah dimana program tersebut bertujuan untuk peningkatan kualitas dan elektabilitas layanan pendidikan, peningkatan kualitas dan aksebilitas layanan kesehatan, pengentasan penyandang masalah kesejahteraan sosial, mengembangkan produktivitas sektor pertanian, pengembangan produktivitas sektor perikanan, pembangunan infrastruktur berkualitas dan integritasi, meningkatkan pemberdayaan dan kelembagaan masyarakat, pembangunan bidang industri perdagangan dan ketenagakerjaan, pembangunan bidang kepariwisataan dan penguatan sendi perekonomian daerah.

program tersebut ditetapkan terkait dengan covid 19 sebagai bentuk dan upaya untuk peningkatan kualitas kesehatan dan pendidikan ( Mandatory Pemerintah Pusat ) dan pemulihan ekonomi nasional ( PEN ) dan pemulihan ekonomi Daerah ( PED ).

Dalam Penyusunan Rancangan RPJMD Kabupaten Bengkulu Selatan Tahun 2021-2025 beliau berharap perlu dilakukan lebih komprehensif, integratif, dan terkoordinasi dengan baik, dengan mempertimbangkan berbagai masukan dari masyarakat, beliau juga berharap peserta FGD bisa membahas dan memberikan masukan bagi Bappeda agar dalam penyusunan RPJMD bisa lebih baik lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here