Bappeda Litbang Belajar SIPD ke Pusdatin Kemendagri

Terbitnya Permendagri Nomor 90 Tahun 2019 membawa konsekuensi perubahan yang mendasar terkait dengan klasifikasi, kodefikasi dan nomenklatur program/kegiatan dalam dokumen perencanaan RKPD tahun 2021. Dalam penyusunan rancangan awal RKPD, Pemerintah Daerah masih bisa mengacu pada Permendagri Nomor 13 tahun 2006 yang merupakan basic penyusunan RPJMD. Namun dalam penyusunan rancangan akhir RKPD, Pemerintah Daerah harus sudah memasukkan program/kegiatan hasil pemetaan sesuai Permendagri Nomor 90 tahun 2019.

Dalam penyusunan RKPD 2021 pun, sesuai amanat Permendagri Nomor 70 tahun 2019, Pemerintah Daerah harus mulai melakukan penyusunan dengan memanfaatkan aplikasi yang dibangun oleh Kementerian Dalam Negeri yaitu SIPD dengan alamat web https://sipd.kemendagri.go.id atau aplikasi milik daerah yang telah terintegrasi dengan SIPD.

Guna meningkatkan pemahaman dan kemampuan teknis mengoperasikan aplikasi SIPD, Bappeda Litbang Bengkulu Selatan mengikuti Bimbingan Teknis di Kementerian Dalam Negeri yang difasilitasi oleh Bappeda Provinsi Bengkulu.

Kepala Bappeda Litbang, Sukarni Dunip, SP.M.Si. melalui Kasubbid. Data dan Informasi, Antoni, didampingi Kasubbid. Perencanaan dan Pendanaan, Mohd. Herdiansyah dan Kasubbag. Perencanaan, Meilyan Wijaya mengatakan bahwa dalam penyusunan RKPD tahun 2021, Bappeda Litbang harus memasukkan hasil pemetaan sesuai Permendagri Nomor 90 tahun 2019.

“Dalam dokumen RKPD tahun 2021 nanti, akan ada 2 (dua) lampiran program/kegiatan, yang pertama sesuai dengan RPJMD (Permendagri Nomor 13/2006) dan satu lagi program/kegiatan yang bersumber dari hasil pemetaan sesuai Permendagri Nomor 90/2019,” jelas Aan panggilan akrab Antoni.

Ade, sapaan akrab Mohd. Herdiansyah mengatakan, “Bappeda Litbang akan menyelenggarakan asistensi kepada seluruh OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan untuk melakukan pemetaan sesuai Permendagri 90/2019. Semoga kita lebih dari siap menerapkan Permendagri 90 ini.” tutup Ade yang diaminkan oleh Meilyan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here