Bappeda Litbang Replikasi Aplikasi Kementerian PAN RB

Guna meningkatkan kualitas pelayanan, Bappeda Litbang Kabupaten Bengkulu Selatan melakukan replikasi aplikasi Sistem Informasi Survey Kepuasan Masyarakat (SiSukma) yang dibangun dan telah diaplikasikan di lingkup Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB).

Untuk menjamin keberhasilan dalam proses replikasi, Tim IT dari Kementarian PAN RB datang langsung ke Bappeda Litbang Kabupaten Bengkulu Selatan dari tanggal 11-13 Maret 2020, untuk melakukan instalasi dan memberikan penjelasan teknis terkait source code dan business process dari aplikasi SiSukma tersebut.

Kepala Bappeda Litbang Kabupaten Bengkulu Selatan, Sukarni Dunip, SP.M.Si. menyampaikan apresiasi kepada Kementerian PAN RB yang telah menanggapi dan mengizinkan replikasi aplikasi SiSukma.

“Replikasi ini sebagai upaya kita untuk meningkatkan kualitas pelayanan, karena sejatinya kita (PNS.red) ini adalah pelayan masyarakat. Apalagi saat ini sudah eranya revolusi industri 4.0, maka kita harus mulai mengadopsi teknologi dalam menunjang pekerjaan kita,” ujar Sukarni Dunip.

Sukarni Dunip menambahkan bahwa aplikasi survey ini untuk awalnya akan dicoba diterapkan di Bappeda Litbang sebelum nantinya akan ditawarkan kepada seluruh OPD di Kabupaten Bengkulu Selatan.

Kabid. P2EPD, Suwito, S.Sos.MM. melalui Kasubbid. Data dan Informasi Bappeda Litbang, Antoni, S.IP menambahkan bahwa aplikasi SiSukma yang kita replikasi dari Kementerian PAN RB masih akan kita lakukan editing dan penyesuaian disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan kita di Bengkulu Selatan.

“Sebelum kita aplikasikan, tentunya akan kita lakukan editing terhadap source code nya disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk aplikasinya kita beri nama Sistem Informasi Penilaian kePUasan mASyarakat atau di singkat SIPPUAS dengan alamat web http://sippuas.bengkuluselatankab.go.id.,” tutup Aan panggilan akrab Antoni.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here