Bengkulu Selatan mendapat Apresiasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia

Kota Manna (8/11). Salah satu upaya menciptakan kesejahteraan, kedamaian, ketenteraman, dan keadilan bagi seluruh masyarakat, dilakukan dengan melaksanakan penghormatan, pemenuhan, pelindungan, penegakan, dan pemajuan hak asasi manusia, melalui upaya mengkoordinasikan, memantau, memverifikasi, mengevaluasi, dan melaporkan pelaksanaan Aksi HAM sesuai dengan Rencana Aksi yang diatur dalam Perpres Nomor 75 Tahun 2015 sebagaimana telah diubah dengan Perpres Nomor 33 Tahun 2018.

Guna menjamin keberhasilan pelaksanaan Rencana Aksi Hak Asasi Manusia (RANHAM), Pemerintah Daerah diamanatkan untuk melakukan pelaporan secara berkala sesuai target yang telah ditetapkan.

Pada target B09 Tahun 2019, capaian aksi HAM Kabupaten Bengkulu Selatan berada pada zona warna hijau atau telah mencapai target 100 persen dengan indikator antara lain: 1) Harmonisasi rancangan produk hukum daerah agar tidak mendiskriminasi hak-hak perempuan, anak, dan penyandang disabilitas, 2) Pemantauan dan penyelesaian perkara implementasi produk hukum daerah, 3) Pengelolaan dan Pemerataan Distribusi (sebaran) jumlah guru di daerah, 4) Penyediaan Ruang Menyusui yang Memadai bagi perempuan bekerja di perkantoran milik pemerintah daerah dan swasta dalam rangka implementasi UU No. 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan dan PP No. 33 Tahun 2012 tentang Pemberian ASI Eksklusif, dan 5) Pelayanan komunikasi masyarakat melalui peningkatan penanganan dan tindak lanjut pengaduan masyarakat terhadap dugaan pelanggaran hak perempuan, anak, penyandang disabilitas, masyarakat adat dan pengaduan terkait konflik lahan.

Atas capaian aksi HAM tersebut, Kabupaten Bengkulu Selatan mendapatkan apresiasi dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia sebagaimana tertuang dalam Surat Koordinator Sekber RANHAM Nomor: HAM-HA.02.02-49, tanggal 5 November 2019, Hal: Capaian Aksi HAM Tahun 2019 B09 Pemerintah Daerah.

Kepala Bappeda Litbang Sukarni, SP.M.Si melalui Kabid PPM Rendra Febrianto, M.Si mengatakan, capaian aksi RANHAM ini merupakan bukti komitmen Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan untuk mewujudkan kabupaten peduli HAM.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here