Himpun Saran Masukan, Bappeda selenggarakan Forum Konsultasi Publik Ranwal RKPD 2021

Dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Bengkulu Selatan tahun 2021 dan untuk mendapatkan masukan dan saran penyempurnaan rancangan awal RKPD sesuai ketentuan Pasal 80 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017, Bappeda Litbang menyelenggarakan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Tahun 2021.

Sambutan Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi
dalam Forum Konsultasi Publik RKPD Tahun 2021

Konsultasi Publik diikuti oleh seluruh OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan dan dibuka langsung oleh Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi, MM. Dalam arahannya, Bupati menegaskan kepada OPD agar dalam penyusunan perencanaan untuk tahun 2021, semua program dan kegiatan harus fokus pada pencapaian target indikator kinerja utama yang telah disusun, dan berorientasi pada upaya pengurangan angka kemiskinan. “Program dan kegiatan yang disusun oleh OPD, dan dituangkan dalam RENJA OPD harus berorientasi pada peningkatan pelayanan kepada masyarakat dan mampu menjawab pencapaian IKU yang telah ditetapkan. Akhirnya kita berharap akan mampu menjadi pengungkit untuk pengurangan angka kemiskinan di Kabupaten Bengkulu Selatan,” tutur Gusnan.

Kepala Bappeda Litbang Sukarni Dunip, SP.M.Si. mengatakan, “forum konsultasi publik merupakan rangkaian pentahapan dalam penyusunan RKPD sesuai agenda kerja yang telah disusun. Pada bulan Januari ini kita juga telah meminta hasil reses (Pokir) dari Anggota DPRD sebagai bahan dalam penyusunan Renja OPD, disamping hasil musrenbang kecamatan yang kita rencanakan akan dimulai pada minggu pertama Bulan Februari 2020. Kita berharap perencanaan kita lebih baik dan mampu menjadi solusi konkrit untuk pencapaian visi dan misi Kepala Daerah.”

Dalam forum konsultasi publik, dipaparkan beberapa prioritas program pembangunan daerah tahun 2021, diantaranya 1) Good Governance dan Clean Government berbasis teknologi informasi, 2) Pembangunan Manusia yang unggul, berbudaya dan berdaya saing, 3) Pengembangan Infrastruktur untuk Penguatan Pelayanan Dasar, 4) Penguatan nilai tambah ekonomi dan pengentasan kemiskinan, 5) CintaBS 2021.

Forum konsultasi publik diisi dengan diskusi yang dipandu oleh Kabid. P2EPD Suwito, S.Sos.MM, yang menghasilkan beberapa rumusan rekomendasi antara lain:

  1. Bappeda segera menyusun Surat Edaran sebagai dasar OPD menyusun rancangan awal Renja OPD
  2. Untuk meningkatkan kualitas perencanaan yang baik, OPD dalam menyusun rancangan Renja harus memprioritaskan usulan dari masyarakat melalui musrenbang kecamatan serta mengakomodir hasil reses DPRD
  3. Guna mendapatkan perencanaan yang ideal, OPD harus melakukan pembahasan rancangan renja dalam forum OPD yang dilaksanakan OPD masing-masing dengan melibatkan stakeholder terkait.

RKPD Tahun 2021 merupakan perencanaan tahunan terakhir periodesasi RPJMD tahun 2016-2021. Untuk itu, harus dilakukan penyusunan secara matang dan komprehensif untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan guna pencapaian target kinerja yang telah ditetapkan, “tutup Suwito.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here