PELAKSANAAN EVALUASI RB DAN SAKIP TAHUN 2020

Menindaklanjuti Surat Deputi Bidang Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor : B/129/RB.04/2020 perihal Pelaksanaan Evaluasi Reformasi Birokrasi Tahun 2020. Maka telah dilaksanakan Pelaksanan Evaluasi RB dan SAKIP Tahun 2020 dengan Kementerian PAN RB secara virtual meeting.

Pelaksanaan virtual meeting dengan Kementerian PAN RB tersebut dilaksanakan di ruang pola Bappeda-Litbang Kabupaten Bengkulu Selatan pada hari senin tanggal 14 September 2020 yang dihadiri oleh Bupati dan Sekretaris Daerah bengkulu Selatan dan Kepala Bappeda-Litbang Bengkulu Selatan beserta jajaran OPD yang terkait.

Pelaksanaan evaluasi ini berpedoman pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 12 tahun 2015 tentang pedoman Evaluasi atas Implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah.

Tujuan evaluasi ini adalah untuk menilai tingkat Akuntabilitas Kinerja atau Pertanggungjawaban atas Hasil (aoutcome) terhadap penggunaan anggaran dalam rangka mewujudkan pemerintah yang berorientasi kepada hasil (result oriented goverment) serta memberikan saran perbaikan.

Adapun uraian singkat evaluasi ini dijelaskan langsung oleh Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi dimana pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan masih berfokus pada penyerapan anggaran yang hanya menghasilkan output kegiatan dan belum sepenuhnya berorientasi pada hasil outcome yang memberikan kemanfaatan pada masyarakat secara nyata. Secara umum pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan belum secara intensif melakukan penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).

Untuk lebih mengefektifkan penerapan sistem akuntabilitas di Pemerintahan Kabupaten Bengkulu Selatan maka perlu adanya tindak lanjut dimana kualitas perencanaan kinerja harus terdapat adanya tujuan, sasaran dan indikator yang spesifik, Memperbaiki kualitas pengukuran kinerja dan memperbaiki kualitas pelaporan kinerja dan memperbaiki sistem evaluasi internal.

Dalam pelaksanaan evaluasi RB dan SAKIP kementerian PAN RB mengharapkan adanya peningkatan kepada semua pihak pemerintahan Kabupaten Bengkulu Selatan untuk lebih meningkatkan penerapan manajemen kinerja agar semua jajaran yang terkait dapat berupaya melakukan penerapan sistem AKIP di lingkungan pemerintahan Kabupaten Bengkulu Selatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here