Program Replanting Sawit Resmi Diluncurkan

“Saat ini, Pemerintah sedang mengembangkan B100 yang bahan dasarnya dari sawit untuk menggantikan solar. Ketika ini sudah berjalan, maka nantinya harga TBS akan terdongkrak tinggi dan itu pasti akan berpengaruh pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Maka dari itu, kita harus memperbaiki produksi kebun sawit kita, baik kualitas maupun kuantitasnya,” ujar Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi, MM pada Acara Lounching Tumbang Chipping dalam Program Replanting Sawit (11/2/2020).

Acara yang diselenggarakan di Kecamatan Kedurang Ilir tersebut dihadiri Gubernur yang diwakili Sekretaris Dinas Pertanian Provinsi Bengkulu, Anggota DPRD Bengkulu Selatan, Unsur Forkopimda, Instansi Vertikal, Kepala OPD, Kepala Desa serta masyarakat. Tampak hadir juga dari unsur perbankan yaitu Bank Mandiri dan Bank BRI.

Lebih lanjut Bupati mengatakan akan mengiringi program replanting sawit dengan program jagung, sehingga pendapatan masyarakat tetap terjaga.

“Kita luncurkan program bukan untuk membuat masyarakat sengsara. Sawit yang di replanting, akan ditanam kembali dengan bibit sawit unggul bersertifikat. Untuk menjaga agar penghasilan petani tetap ada, kita akan bantu dengan bibit jagung yang bisa ditanam tumpang sari. Tidak punya modal, kita sudah bantu koordinasikan ini dengan pihak bank dan bank siap mengucurkan KUR,” tambah Bupati yang disambut dengan jawaban SIAP dari Bank Mandiri dan Bank BRI.

Kepala Bappeda Litbang Bengkulu Selatan, Sukarni Dunip, SP.M.Si yang hadir pada launching replanting sawit mengatakan bahwa program replanting ini sangat baik dan bermanfaat serta sangat menguntungkan bagi masyarakat, terutama dalam jangka panjang disaat nanti B100 sudah bisa diproduksi secara massal.

“Melalui program ini masyarakat akan mendapatkan banyak keuntungan, diantaranya bisa mengajukan bantuan bibit, peralatan panen, motor roda tiga dan bahkan untuk akses akan dibangunkan jalan sentra produksi (JSP) di dalam area kebun, dan yang terpenting kebunnya akan dibuat sesuai standar yang seharusnya sehingga benar-benar berhasil,” tutup Sukarni.

Proses Tumbang Chipping dalam Program Replanting Sawit

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here