UJI PUBLIK KAJIAN LINGKUNGAN HIDUP STRATEGIS (KLHS) DAN RENCANA PEMBANGUNAN JANGKA MENENGAH DAERAH (RPJMD)

7 Oktober 2020 bertempat di Aula Bappeda-Litbang Kabupaten Bengkulu Selatan telah dilaksanakan UJI PUBLIK KAJIAN LINGKUNGAN HIDUP STRATEGIS (KLHS) dan RENCANA PEMBANGUNAN JANGKA MENENGAH DAERAH (RPJMD). Acara tersebut dihadiri oleh PJS Bupati Bengkulu Selatan Isnan Fajri M.kes, kepala Bappeda-Litbang Sukarni, SP.,M.Si dan Nara Sumber tenaga ahli pendamping KLHS RPJMD Dr.Ir. Atra Romeida,M.Si beserta jajaran Kepala OPD yang ada di Kabupaten Bengkulu Selatan.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Kepala Bidang Perekonomian, SDA, dan Infrastruktur Bappeda-Litbang Dwi Priandona.ST. dan Dalam kesempatan tersebut Nara Sumber memberikan penjelasan istilah Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) merujuk pada proses yang mengintegrasikan pertimbangan keberlanjutan dalam perumusan, kajian dan implementasi kebijakan , rencana dan program (KRP).

Beliau juga menyampaikan dasar hukum KLHS berdasarkan undang-undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup strategis. PermenLHK Nomor 69 Tahun 2017 tentang pelaksanaan PP Nomor 46/2017 tentang tata cara penyelenggaraan kajian lingkungan hidup strategis.

Secara khusus KLHS yang mengatur tentang KLHS untuk rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) didasari oleh Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, Perpres 56 Tahun 2017 tentang pelaksanaan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB), Permendagri 86 Tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah dan Permendagri Nomor 7 tahun 2018 tentang pembuatan dan pelaksaan kajian lingkungan hidup strategis dalam penyusunan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD).

Dalam kesempatan ini pula Dr.Ir. Atra Romeida,M.Si juga memberikan analisis daya dukung dan daya tampung lingkungan hidup dalam Permendagri Nomor 7 Tahun 2018. dimana Pengkajian pembangunan berkelanjutan dilakukan melalui identifikasi, pengumpulan dan analisis data, Perumusan skenario pembangunan berkelanjutan berupa alternatif proyeksi kondisi pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan disusun dengan memperhatikan daya dukung dan daya tampung daerah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here