Jumat Bersih Sebagai Langkah Awal Menuju Adipura

Jumat, 20 Desember 2019 Bappeda Litbang Bengkulu Selatan melaksanakan kegiatan Jumat bersih serta menanam tanaman buah-buahan yang dalam kegiatan ini langsung dikomandoi oleh kepala Bappeda litbang Sukarni, SP.,M.Si. beliau menyampaikan bahwa Kegiatan Jumat bersih merupakan kegiatan bersih-bersih dan gotong royong yang diadakan setiap hari Jumat, sehingga karyawan dan karyawati Bappeda litbang dapat tinggal di lingkungan yang bersih dan nyaman.

Kebersihan lingkungan kantor merupakan faktor pendukung yang sangat vital dalam menunjang proses Kegiatan rutinitas pekerjaan. Terciptanya suasana nyaman, bersih asri akan memberi dampak yang positif bagi karyawan dan karyawati Bappeda Litbang. Budaya Jumat Bersih dapat menjadi kebiasaan yang baik dan menyehatkan dengan berbagai manfaat diantaranya menumbuhkan cinta dan peduli terhadap lingkungan kantor. Tujuan utama dari kegiatan Jumat bersih adalah menumbuhkan rasa memiliki akan pentingnya kebersihan lingkungan demi kesehatan, sehingga suasana kantor akan terasa nyaman, kantor pun juga dapat terpelihara dengan baik. Perilaku hidup bersih sangat menentukan pola hidup sehat di lingkungan tempat bekerja khususnya, karena lingkungan yang sehat dapat meningkatkan konsentrasi yang lebih tinggi, sehingga mempengaruhi produktifitas dalam pekerjaan dan pelayanan.

Selain melaksanakan kegiatan bersih-bersih kantor pelaksanaan jumat bersih kali ini juga melaksanakan penanaman bibit bibit tanaman buah yang produktif Seperti bibit jambu, durian, nangka, anggur dan jeruk. Sukarni menyampaikan kegiatan ini juga merupakan salah satu bentuk dukungan terhadap program pemerintah daerah yaitu program penghargaan Adipura, Kabupaten Layak Anak dan juga untuk mendukung Gerakan Masyarakat Sehat.

“Sebagai tanggungjawab kita sebagai aparat pemerintah, sudah menjadi kewajiban memberikan contoh melakukan hal yang postif terutama dalam hal kebersihan lingkungan yang kita terapkan setiap hari jumat. “Karena bagaimanapun juga, apa yang kita lakukan tentu rakyat akan lihat, dan ini bisa menjadi motivasi masyarakat untuk ikut meniru,“ tutup Sukarni yang langsung di iyakan oleh seluruh karyawan Bappeda Litbang sambil menyantap buah pepaya dan mangga hasil panen di lingkungan kantor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here