Kepala Bappeda Litbang Submit Usulan 315 Milliar

Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan telah menyelesaikan input usulan pembangunan yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik tahun 2022, yang ditandai dengan submit usulan melalui aplikasi KRISNA oleh Kepala Bappeda Litbang. Total usulan yang di submit sebanyak 417 usulan dengan total Rp. 315.917.677.854, yang terdiri dari DAK Penugasan sebanyak 69 usulan dengan total Rp. 71.811.038.999,- dan DAK Reguler sebanyak 348 usulan dengan total Rp. 244.106.638.855.

Kepala Bappeda Litbang, Sukarni Dunip, SP.M.Si. mengatakan bahwa pembangunan yang bersumber dari DAK, diharapkan mampu memberikan akselerasi atau percepatan pada pencapaian tujuan dan sasaran pembangunan di Kabupaten Bengkulu Selatan.

“Dana Alokasi Khusus menjadi salah satu sumber pembiayaan yang sangat penting dalam upaya peningkatan kualitas pelaksanaan pembangunan daerah, disaat luncuran dana transfer umum diperkirakan masih terbatas disebabkan pandemi Covid-19 yang masih melanda. Untuk itu, kita berupaya semaksimal mungkin mengajak OPD memanfaatkan pengusulan DAK ini,” ungkap Sukarni.

“Usulan yang telah diinput pada aplikasi KRISNA adalah menu-menu yang menjadi lokpri, mulai dari bidang pendidikan, kesehatan dan KB, jalan, irigasi, air minum, sanitasi, perumahan permukiman, pertanian, kelautan dan perikanan, serta satu lagi bidang Lingkungan Hidup yang merupakan pengusulan perdana untuk tahun 2022,” tambah Sukarni.

Sukarni pun memberikan apresiasi kepada OPD yang mendapatkan lokri sebagai pengusul DAK yang telah bekerja maksimal dalam menyiapkan data teknis, dan readiness criteria serta melakukan penginputan usulan pada aplikasi KRISNA.

“Kami ucapkan terima kasih kepada OPD yang telah bekerjasama dengan baik, sehingga pengusulan DAK Fisik Tahun 2022 dapat diselesaikan tepat pada waktunya. Dan kami, memberikan penghargaan untuk Operator KRISNA pada OPD yang paling cepat dan lengkap dalam melakukan input serta lock usulan, yaitu operator dari Dinas PPKBP3A Saudara Arno Trikisworo,” tambah Sukarni.

Bappeda Litbang menyediakan hadiah sebagai bentuk apresiasi, yang diserahkan langsung oleh Kepala Badan kepada operator KRISNA Dinas PPKBP3A.

“Semoga semua yang kita usulkan dapat kita pertahankan, dan disetujui oleh Pemerintah Pusat melalui K/L terkait, sehingga terealisasi menjadi dana transfer ke daerah untuk tahun 2022,” harap Sukarni.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here