KUNJUNGAN BALAI PENGKAJIAN TEKNOLOGI PERTANIAN (BPTP) BENGKULU KE BAPPEDA-LITBANG

(16/06/2021) KepalaBalai Pengkajian Teknologi Pertanian (BTPN) Bengkulu bapak Dr.Atekan SP.,M.Si melakukan kunjungan ke Bappeda Bengkulu selatan terkait Pendaftaran Varietas Tanaman dan Food Astate, kepala BPTP langsung bertemu dengan kepala badan Bapak Sukarni, SP., MSI. Kabid PSI, Kabid litbang, Kabid P2EPD dan Kepala dinas Pertanian beserta staf.

Sesuai Permentan No. 01 Tahun 2006 tentang Syarat Penamaan dan Tata Cara Pendaftaran Varietas Tanaman, varietas lokal dapat di daftarkan kekantor PVTPP (Perlindungan Varietas Tanaman Dan Perizinan Pertanian) oleh pemerintah daerah (gubernur/bupati) sebagai perwakilan dari masyarakat. Pendaftaran tersebut selain memberikan perlindungan secara legal terhadap kepemilikan dari varietas lokal, juga dapat dijadikan basis data jumlah dan jenis (keragaman) kekayaan varietas lokal yang dimiliki oleh Indonesia sebagai salah satu negara yang terkenal denganĀ megabiodiversity-nya.

Dalam beberapa tahun terakhir, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) giat mendorong pendaftaran varietas lokal melalui perantara Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih (BPSB) atau Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) di setiap provinsi. Meski saat ini Bengkulu selatan sudah mendaftarkan jeruk seginim, dan ada beberapa varietas yang akan menyusul, namun jumlah tersebut dipandang masih belum optimal karena sejatinya varietas lokal dari seluruh Indonesia juga telah dikoleksi dan dikonservasi secara fisik di Bank Gen Balitbangtan.

Selain itu kepala BPTP menyampaikan Rencananya food estate ini akan menjadi salah satu Program Strategis Nasional (PSN) 2020-2024 yang akan diusulkan di Kecamatan Seginim.

Kepala Bapeda memberikan apresiasi terhadap kegiatan yang disampaikan oleh kepala BPTP

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here