Launching Aplikasi E-Planning Kabupaten Bengkulu Selatan

Manna- Rabu (2/5) sekitar pukul 09.00 dilaksanakan launching aplikasi e-planning dan e-perizinan Kabupaten Bengkulu Selatan, bertempat di Gedung Pemuda Jalan Jenderal Sudirman Kota Manna, peresmian oleh Bupati BS H. Dirwan Mahmud SH, dihadiri Wakil Bupati BS Gusnan Mulyadi, SE, MM, Koordinator Wilayah II Sumatera Korsupgah KPK Bapak Adlinsyah M. Nasution, Kepala Bappeda BS Ir. Jonior Hafis, Kepala DPMPTSP BS, Drs H. Samsu Hardi, SE, M.Si, Ketua DPRD BS, Yevri Sudianto, Waka dan anggota DPRD, Penjabat Sekda, Kepala OPD, Apdesi Dan beberapa Bappeda dan DPMPTSP Kabupaten Tetangga.
Berdasarkan ketentuan Pasal 14 Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian Dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, Serta Tata Cara Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, Dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah; mengamanatkan bahwa Penyusunan RPJPD, RPJMD, dan RKPD sebagaimana dimaksud pada ayat (2), dilakukan berbasis pada e-planning.
Melalui sistem informasi ini diharapkan arah pembangunan daerah lebih terarah pada kebutuhan riil masyarakat dan bukan hanya bersifat normatif serta lebih mengutungkan salah satu pihak saja. Perencanaan pembangunan daerah seharusnya mencerminkan kebutuhan realitas suatu daerah. Berkaitan dengan hal tersebut, maka salah satu instrumen yang digunakan untuk meningkatkan efektivitas proses penyusunan perencanaan pembangunan daerah adalah aplikasi e-planning. E-planning merupakan aplikasi untuk membantu menyusun buku Musrenbang, Renja OPD, RKPD dan KUA dan PPAS melalui proses rekapitulasi dan simulasi yang dapat menghasilkan skenario perencanaan anggaran secara optimal. Aplikasi e-planning ini dikelola oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian Pengembangan (BAPPEDALITBANG) dan merupakan Memorandum Of Understanding (MOU) antara Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkulu Selatan dengan Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia perihal Rencana Aksi Pemberantasan Korupsi Terintegrasi, yang dilaksanakan pada bulan Mei Tahun 2017.
Koordinator Wilayah II Sumatera Korsupgah KPK Bapak Adlinsyah M. Nasution mengatakan launching aplikasi e-planning Kabupaten Bengkulu Selatan merupakan yang pertama di Provinsi Bengkulu dan ini merupakan motivasi bagi Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan untuk proses pengintegrasian dengan sistem e-budgeting. (P2EPD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here