Lounching Aplikasi Bappeda lakukan Bimtek dan Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Ternak (Si Informan)

Senin 12 April 2021 bappeda-Litbang melalui Bidang Perekonomian, SDA dan Infrastruktur lakukan lounching aplikasi sistem informasi ternak ( Si-Informan ) Dalam lounching tersebut Kepala Bappeda-Litbang Sukarni SP, M.Si dalam hal ini mewakili Bupati secara resmi langsung membuka acara tersebut. Lounching aplikasi ini sendiri dihadiri oleh beberapa perwakilan dari dinas terkait dan perwakilan dari pihak kecamatan yang berada di kabupaten bengkulu selatan.

Sukarni SP, M.Si menyampaikan kondisi awal peternakan di kabupaten bengkulu selatan untuk lima tahun terakhir, dimana produksi ternak semakin menurun, untuk mengatasi hal tersebut pemerintah daerah kabupaten bengkulu selatan serta pemerintahan desa telah melakukan beberapa upaya antara lain menyusun peraturan daerah nomor 9 tahun 2013 tentang penertiban pemeliharaan hewan ternak.

Beliau juga menyampaikan tujuan di buatnya aplikasi ini adalah untuk membantu para pencacah melakukan pencatatan laporan ternak untuk disampaikan ke dinas pertanian sebagai pengguna data guna menyampaikan laporan triwulan data ternak kabupaten bengkulu selatan ke propinsi ataupun ke pemerintah pusat.

Kepala Bidang Perekonomian, SDA dan Infrastruktur Dwi Prian Dona, ST menambahkan melalui aplikasi ini peternak tidak hanya menyampaikan jumlah hewan ternaknya namun juga dapat menyampaikan laporan bila hewan ternak mereka terserang penyakit. bahkan aplikasi ini juga memiliki fitur untuk wadah jual beli hewan ternak dan masyarakat yang ingin menggunakan aplikasi ini sudah bisa di akses langsung melalui Playstore.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here