Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Ulu Manna Kabupaten Bengkulu Selatan Tahun 2021

Manna,- Bertempat di kantor camat Ulu Manna, Rabu 24 Februari 2021 pukul 09:30 WIB, pemerintah kecamatan Ulu Manna melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan ( Musrenbang ) tingkat kecamatan untuk tahun anggaran 2022, bertema “Pemantapan Pemulihan Ekonomi melalui Pembangunan SDM, Infrastruktur dan Sektor Unggulan Daerah Untuk Pertumbuhan Berkualitas dan Berdaya Saing”.

Acara Musyawarah Rencana Pembangunan ( Musrenbang ) Kecamatan dibuka kepala Bappeda-Litbang Bengkulu Selatan Sukarni, SP.M,Si, Selain Kepala Bappeda-Litbang Bengkulu Selatan acara tesebut juga dihadiri pula oleh pihak Korem, Dinas PUPR, Dinas Perkim, Dinas Pertanian, Dikbud, Dinas Pariwisata, Dinas Kesehatan, Dinas Perindagkop dan perwakilan Kepala Desa dan DPD setempat.

Sukarni, SP.,M.Si juga menjelaskan musrenbang ini menjadi legalitas usulan prioritas masyarakat yang akan dituangkan dalam dokumen perencanaan OPD maupun Kabupaten, usulan dari idealnya selaras dengan usulan yang disampaikan pada saat anggota DPRD Reses sehingga yang diperjuangkan anggota DPRD selaras dengan rencana yang disusun oleh pemerintah daerah. dan OPD wajib memprioritaskan usulan masyarakat yang telah disepakati dalam musrenbang untuk dimasukan kedalam RENJA.

Untuk tahun 2021 ini pula Kepala Bappeda-Litbang Bengkulu Selatan juga menjelaskan bahwasannya indikator capaian pembangunan mengalami penurunan yang sangat signifikan, hal ini disebabkan oleh pandemi covid-19. walaupun semua sektor mengalami penurunan yang sangat signifikan sektor pertanian provinsi Bengkulu terutama Kabupaten Bengkulu Selatan masih memberikan kontribusi yang memuaskan dimana hasil pertanian selalu meningkat ditiap tahunnya.

Sukarni, SP.M,Si menyampaikan bahwasannya Musrenbang tahun 2021 ini mengalami banyak perubahan dari tahun-tahun sebelumnya dimana pada tahun ini musyawarah rencana pembangunan harus menyesuaikan kondisi dan efektifitas waktu serta harus selalu mengikuti protokol kesehatan yang berlaku. Untuk tahun 2021 ke tahun 2022 hal penting yang menjadi pokok permasalahan yaitu pada sektor pemulihan ekonomi dan kesehatan. Diakhir tahun 2020 pertumbuhan ekonomi dan kesehatan sangat memprihatinkan ini semua disebabkan masih adanya penyebaran covid-19.

Camat Ulu Manna Yulius saisar SH. berharap dengan adanya Musyawarah Rencana Pembangunan ( Musrenbang ) Kecamatan, dapat merangkum usulan pembangunan masyarakat yang dapat direalisasikan oleh Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan. Camat juga sangat mengharapkan Pemerintah Kabupaten dapat memprioritaskan usulan Pembangunan Aula Kantor Camat di Kecamatan Ulu Manna ungkap beliau.