Musyawarah Rencana Pembangunan (MUSRENBANG) RKPD Kabupaten Bengkulu Selatan Tahun 2021

Kota Manna, Bertempat di gedung aula Bappeda-Litbang Kabupaten Bengkulu Selatan Selasa 23 Maret 2021 telah dilaksanakan kegiatan musyawarah rencana pembangunan ( Musrenbang ) RKPD Kabupaten Bengkulu Selatan dengan tema “Pemantapan pemulihan Ekonomi Melalui Pembangunan SDM, Infrastruktur dan Sektor Unggulan Daerah untuk Pertumbuhan Berkualitas Berdaya Saing”

Acara Musyawarah RKPD Kabupaten Bengkulu Selatan dibuka secara resmi oleh Asisten I Provinsi Bengkulu Supran SH.MH dalam hal ini mewakili Gubernur Bengkulu. Selain Asisten I Provinsi Bengkulu hadir pula Wakil Bupati Bengkulu Selatan yang mewakili Bupati Bengkulu Selatan, Ketua dan anggota DPRD Kabupaten, Bappeda-Litbang Provinsi Bengkulu, Kepala Bappeda-Litbang Kabupaten Bengkulu Selatan, Sekretaris Daerah, Anggota DPRD Provinsi Bengkulu, Seluruh Perwakilan OPD Bengkulu Selatan, Tokoh Adat, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.

Dalam acara tersebut wakil Bupati Bengkulu Selatan memberikan sambutan dimana Musrenbang tahun 2021 untuk penyusunan RKPD Kabupaten Bengkulu Selatan tahun 2022 ini merupakan musyawarah perencanaan untuk pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan di kabupaten Bengkulu Selatan. Dalam hal pelaksanaan pembangunan dikabupaten bengkulu selatan sendiri mengalami perkembangan dan kemajuan yang signifikan meskipun belum optimal.

Untuk menjamin bergeraknya pembangunan di kabupaten bengkulu selatan pemerintah kabupaten memprioritaskan pembangunan daerah sebagai guidance dalam pelaksanaan pembangunan, dimana pemerintah kabupaten selalu mengupayakan pembangunan manusia dan pengentasan kemiskinan, optimalisasi komoditas unggulan dan hilirisasi menuju kemandiriian ekonomi, pengembangan infrastruktur berkualitas dan berkeadilan berwawasan lingkungan, pembangunan kawasan sumber ekonomi terpadu berbasis agroindustri dan transformasi tata kelola pemerintahan dan brokrasi berbasis teknologi informasi.

Beliau sangat berharap dalam kegiatan pembangunan kabupaten dapat di implementasikan menjadi aksi nyata sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kabupaten bengkulu selatan. dan beliau juga menyampaikan akan memberikan permohonan tertulis usulan dan program kegiatan prioritas pembangunan di kabupaten bengkulu selatan kepada pemerintah Provinsi Bengkulu.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Bappeda-Litbang kabupaten Bengkulu Selatan Sukarni,SP.M.Si juga menyampaikan beberapa hal dimana arahan RPJPD tahun 2005-2025 adalah terwujudnya masyarakat kabupaten Bengkulu Selatan yang sejahtera, maju, mandiri dan demokratis yang berbasis argoindustri dan sumber daya manusia yang tangguh.

Sukarni,SP.M.Si juga menjelaskan beberapa permasalahan yang dihadapi dalam pembangunan daerah di kabupaten bengkulu selatan, Masih tingginya angka kemiskinan, masih rendahnya kualitas dan akses layanan pendidikan,masih belum optimalnya kualitan dan akses layanan kesehatan, tingkat kemantapan infrastruktur masih belum memadai dan ketenagakerjaan yang belum profesional. Terakhir beliau menyampaikan meminta dukungan dari pemerintah provinsi Bengkulu untuk peningkatan akses jalan nasional untuk peningkatan ekonomi dan pariwisata yang menghubungkan tiga daerah ( Manna, Pagar Alam dan Lahat ).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here