Optimalkan Usulan Hasil Musrenbang Desa/Kelurahan, Bappeda Litbang Gelar Bimtek Aplikasi sipd.kemendagri.go.id

Kota Manna, Berdasarkan ketentuan Pasal 14 Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian Dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, Serta Tata Cara Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, Dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah mengamanatkan bahwa Penyusunan RPJPD, RPJMD, dan RKPD sebagaimana dimaksud pada ayat (2), dilakukan berbasis pada e-planning.Kota 

Dengan adanya Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 ini Bappeda-Litbang Kabupaten Bengkulu Selatan melalui bidang P2EPD melakukan kegiatan Bimtek Musrenbang Desa/Kelurahan di Aplikasi sipd.kemendagri.go.id. Kegiatan ini juga bertujuan agar setiap perangkat desa/kelurahan bisa memahami cara penginputan usulan di aplikasi sipd.kemendagri.go.id.

Bimtek Musrenbang Desa/Kelurahan ini di ikuti oleh seluruh kelurahan/desa sekabupaten Bengkulu Selatan dan di buka langsung oleh Kepala Bappeda-Litbang sekaligus pejabat sekda SUKARNI, SP.,M.Si. Bimtek ini sendiri dijadwalkan selama dua hari di mulai dari tanggal 18 januari dan tanggal 19 Januari 2022 ,dimana jadwal pelaksanaannya dibagi menjadi dua sesi. sesi pertama dimulai pada pukul 09:00 WIB dan sesi kedua di mulai pada pukul 13:00 WIB sampai dengan selesai.

Untuk Bimtek Musrenbang Desa/Kelurahan Tahun ini mekanismenya sama dengan Bimtek pada tahun sebelumnya dimana aplikasi yang digunakan tetap menggunakan aplikasi  sipd.kemendagri.go.id dan setiap Kelurahan/Desa hanya mengutus satu perwakilan saja.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan setiap kelurahan/desa dapat lebih memahami cara penggunakan aplikasi sipd.kemendagri.co.id dan diharapkan juga kegiatan ini dapat dijadikan wadah pembelajaran dan komunikasi yang lebih efektif dalam penginputan usulan di aplikasi sipd.kemendagri.go.id.

Bimtek ini sendiri wajib di ikuti karena hasil e-planing merupakan tahapan penyusunan RKPD tahun 2023 dan selanjutnya akan menjadi pedoman dalam penyusunan APBD tahun 2023.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here