Penyampaian Kebijakan Dana Transfer Khusus ( DTK ) TA.2021 dan Aplikasi KRISNA

Menindaklanjuti surat edaran dari Kementerian perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia tentang Penyampaian Kebijakan Dana Transfer Khusus TA.2021 dan Aplikasi KRISNA telah dilaksanakan video converence diruang aula Bappeda-litbang bengkulu selatan pada tanggal 2 juni 2020 yang di ikuti oleh kepala dan staf dari bappeda-litbang bengkulu selatan.

Berdasarkan pasal 51 dan 52 Tahun 2005 tentang dana perimbangan “DAK dialokasikan untuk mendanai kegiatan khusus yang merupakan bagian dari program yang menjadi prioritas nasional yang dimuat dalam rencana kerja pemerintah ( RKP )”. Pada pasal 12 PP No 17 tahun 2017 tentang sinkronisasi proses perencanaan dan penganggaran pembangunan nasional yang menyatakan ” kementerian PPN bersama kementerian keuangan menyusun rencana pemanfaatan dana transfer khusus untuk mencapai sasaran pembangunan nasional”. Serta sehubungan dengan proses penyusunan RKP tahun 2021 maka dana transfer khusus TA.2021 telah mendapatkan kebijakan sebagai berikut, Dana transfer khusus TA.2021 terdiri dari Dak Fisik dan Dak non Fisik, dilakukan refocusing bidang dan kegiatan Dak Fisik agar capaian output dan outcome optimal, serta Dak Fisik terdiri dari Dak Reguler dan Dak penugasan,dimana afirmasi menjadi lokasi prioritas keberpihakan.

Dak Reguler difokuskan pada pemenuhan pelayanan dasar melalui 3 bidang antara lain Bidang Pendidikan, Bidang kesehatan dan keluarga berencana (KB) dan bidang-bidang dalam hal percepatan konektifitas.

Pada DAk Penugasan terdiri dari tiga program utama yang bersifat lintas sektor dalam mendukung sasaran Major Project dan Prioritas nasional.sejalan dengan RKP tahun 2021 mengenai Mempercepat pemulihan ekonomi dan reformasi sosial dengan fokus pemulihan industri,pariwisata dan investasi,reformasi sistem kesehatan nasional,reformasi sistem perlindungan sosialserta reformasi sistem ketahanan bencana.program tersebut mencangkup Program penurunan kematian ibu dan stunting, program penanggulangan kemiskinan dan ketahanan pangan dan program penyediaan infrastruktur ekonomi berkelanjutan.

Dak non fisik untuk tahun 2021 terdiri dari bererapa jenis cangkupan seperti Pendidikan, Kesehatan, Pengemangan ekonomi, Bantuan layanan pengolaan sampah dan perlindungan perempuan dan anak.sedangkan pengusulan Dak Fisik TA.2021 tetap bersifat Proposal based melalui aplikasi Krisna.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here