Percepat Pelaksanaan DAK, Bappeda Gelar Rakor

Guna membangun komitmen bersama untuk optimalisasi pelaksanaan pembangunan daerah terutama yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2020, Bappeda Litbang Kabupaten Bengkulu Selatan menyelenggarakan Rapat Koordinasi Percepatan Pelaksanaan DAK 2020 (14/1). Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Pola Bappeda Litbang diikuti 12 OPD pengampu DAK 2020. Hadir juga dalam Rakor Bupati Bengkulu Selatan, Inspektorat, BPKAD, Bagian Pembangunan, Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda Bengkulu Selatan.

Dalam arahannya, Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi menegaskan agar DAK tahun 2020 dapat segera dilaksanakan mulai terhitung Januari.

“Saya minta komitmen Kepala OPD pengampu DAK untuk mulai proses pelaksanaan DAK di Januari ini. Tidak ada alasan tidak bisa berproses. Buat tahapan kerja dan bangun koordinasi yang baik dengan inspektorat, BPKAD dan lainnya. Laporkan kepada saya progress pekerjaan DAK secara berkala,” tegas Bupati.

Kepala Bappeda Litbang, Sukarni Dunip, SP.M.Si. mengatakan bahwa untuk percepatan pelaksanaan DAK harus dibangun komitmen dan koordinasi semua pihak terkait agar hal-hal yang kurang atau bahkan tidak berjalan sebagaimana mestinya pada tahun 2019 tidak terulang lagi.

“Diharapkan Inspektorat yang memiliki tugas melakukan reviu dapat bekerja lebih keras lagi dan OPD pengampu DAK lebih disiplin dalam menyampaikan dokumen sehingga reviu bisa berjalan efektif dan efisien. Kemudian BPKAD harus fokus pada proses sinkronisasi KRISNA DAK dengan OMSPAM,” tutur Sukarni.

Rakor ditutup dengan penandatanganan notulen rapat yang didalamnya berisi komitmen bersama untuk melakukan percepatan pelaksanaan DAK 2020 terhitung mulai Januari 2020.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here