Percepat Pencapaian SDGs Desa, Menteri Desa PDTT Tetapkan Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2022

Untuk memberikan pedoman bagi desa dalam menyusun perencanaan pembangunan dan pemanfaatan dana desa tahun 2022, Menteri Desa PDTT telah merilis prioritas penggunaan dana desa tahun 2022. Pedoman yang dituangkan dalam Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 7 Tahun 2021 tersebut, ditetapkan pada tanggal 16 Agustus 2021 dan diundangkan pada tanggal 24 Agustus 2021.

Dalam Peraturan Menteri Desa PDTT tersebut diatur Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2022 diarahkan untuk program dan/atau kegiatan percepatan pencapaian SDGs Desa melalui:


a. pemulihan ekonomi nasional sesuai kewenangan Desa, diprioritaskan untuk penanggulangan kemiskinan guna mewujudkan Desa tanpa kemiskinan; pembentukan, pengembangan, dan peningkatan kapasitas pengelolaan badan usaha milik Desa/badan usaha milik Desa bersama untuk pertumbuhan ekonomi Desa merata; dan Pembangunan dan pengembangan usaha ekonomi produktif yang diutamakan dikelola badan usaha milik Desa/badan usaha milik Desa bersama untuk mewujudkan konsumsi dan produksi Desa sadar lingkungan

b. program prioritas nasional sesuai kewenangan Desa diprioritaskan untuk pendataan Desa, pemetaan potensi dan sumber daya, dan pengelolaan teknologi informasi dan komunikasi sebagai upaya memperluas kemitraan untuk pembangunan Desa; pengembangan Desa wisata untuk pertumbuhan ekonomi Desa merata; penguatan ketahanan pangan nabati dan hewani untuk mewujudkan Desa tanpa kelaparan; pencegahan stunting untuk mewujudkan Desa sehat dan sejahtera; dan Pengembangan Desa inklusif untuk meningkatkan keterlibatan masyarakat secara menyeluruh dalam pembangunan Desa

c. mitigasi dan penanganan bencana alam dan nonalam sesuai kewenangan Desa diprioritaskan untuk mitigasi dan penanganan bencana alam; mitigasi dan penanganan bencana nonalam; dan mewujudkan Desa tanpa kemiskinan melalui Bantuan Langsung Tunai Dana Desa.

Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 7 Tahun 2021 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2022

Salinan-PermenDesaPDTT-Nomor-7-Tahun-2021-ttg-Perioritas-Penggunaan-Dana-Desa-Tahun-2022

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here