Perkuat SAKIP, Perbaiki Perencanaan Kinerja

Selasa 17/09, Bappeda Litbang Bengkulu Selatan menyelenggarakan kegiatan asistensi penyusunan dokumen perubahan rencana strategis (Renstra) Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Kegiatan dilaksanakan di ruang pola Bappeda Litbang dan dibuka secara resmi oleh Bupati Bengkulu Selatan yang diwakili oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Novman Ahmad Ali, SE.

Dalam sambutannya Asisten II mengatakan bahwa, “Penyusunan perencanaan kinerja yang baik, berorientasi hasil, efektif dan efisien menjadi starting point yang menentukan berjalan atau tidaknya pembangunan daerah. Maka dari itu Kasubbag Perencanaan diharapkan bisa fokus dan benar-benar konsentrasi dalam menyusun perubahan Renstra ini.”

Penyusunan dokumen perubahan Renstra ini merupakan tindak lanjut dari penyusunan cascading, IKU dan PK yang telah disusun sebelumnya, dengan mengedepankan kinerja yang berorientasi outcome. Perubahan dokumen renstra dilakukan beriringan dengan perubahan Perda Nomor 3 Tahun 2017 tentang RPJMD Kabupaten Bengkulu Selatan.

Kepala Bappeda Litbang Jonior Hafis mengatakan, “penyusunan perubahan renstra adalah bentuk komitmen kita bersama untuk meningkatkan nilai SAKIP Kabupaten Bengkulu Selatan yang pada tahun 2019 untuk penilaian tahun 2017 kita mendapatkan nilai C dengan skor 47,23. Untuk itu diharapkan tidak ada OPD yang resisten dengan perubahan yang dilakukan dan bisa berkomitmen untuk bersama-sama meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan.”

Asistensi penyusunan dokumen renstra diisi dengan pemaparan materi oleh Kabid P2EPD Bappeda Litbang, yang diikuti dengan forum diskusi.

Insya Allah kita akan berupaya seoptimal mungkin untuk mendorong peningkatan nilai SAKIP Kabupaten Bengkulu Selatan, diminta kepada Kasubbag Perencanaan untuk benar-benar memperhatikan kualitas kinerja yang berbasis outcome. Jangan sampai dokumen ini dibuat sejadinya, karena itu nanti akan mengurangi nilai SAKIP kita.” imbuh Jonior.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here