Persiapan Verifikasi Renstra OPD, Bappeda Litbang Rakor Bersama Kasubbag. Perencanaan

Jum’at (20/8), Bappeda Litbang mengadakan rapat koordinasi bersama seluruh Kasubbag Perencanaan OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan. Rakor yang dilaksanakan secara daring tersebut, dimaksudkan sebagai media komunikasi dan penyampaian informasi terkait penyusunan perencanaan di Kabupaten Bengkulu Selatan.

Sebagaimana diketahui Pemerintah Daerah saat ini sedang menyusun dokumen perencanaan 5 (lima) tahunan, yaitu RPJMD untuk tingkat daerah dan Rencana Strategis (Renstra) untuk tingkat perangkat daerah.

Kepala Bappeda Litbang, Sukarni, SP.M.Si. mengatakan bahwa antara RPJMD dan Renstra itu saling terkait, keduanya saling berkelindan, sehingga dalam penyusunan Renstra harus benar-benar mempedomani arah kebijakan serta program prioritas yang telah dituangkan dalam RPJMD.

“RPJMD menjabarkan visi, misi, tujuan, sasaran dan prioritas pembangunan daerah, sedangkan Renstra menguraikan program/kegiatan prioritas sesuai urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan masing-masing OPD, untuk mendukung pencapaian visi, misi, tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan kepala daerah. Maka dari itu, penyusunan Renstra harus benar-benar mempedomani RPJMD,” ungkap Sukarni.

“Rapat koordinasi dilakukan sebagai persiapan dalam rangka verifikasi, klarifikasi dan asistensi terhadap penyusunan rancangan Renstra OPD, sehingga nantinya benar-benar match antara RPJMD dan Renstra,” tambah Sukarni.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here