RAPAT BULANAN BAPPEDA LITBANG KABUPATEN BENGKULU SELATAN TAHUN 2020

Bertempat di ruangan Aula Bappeda-Litbang Kabupaten Bengkulu Selatan,Rabu 5 Agustus 2020 dilaksanakan rapat bulanan seluruh ASN baik eselon 3,4 dan staf di lingkungan Bappeda-Litbang Kabupaten Bengkulu Selatan.

Rapat dipimpin langsung kepala Bappeda-Litbang Kabupaten Bengkulu Selatan Sukarni SP.M.Si dimana rapat tersebut mengevaluasi semua kegiatan dan kinerja pada bidang-bidang di Bappeda-Litbang Kabupaten Bengkulu Selatan.

Pada Kesempatan tersebut setiap Kepala Bidang menyampaikan semua kegiatan dan kinerja pada bidang masing-masing, dimana penyampaian tersebut langsung didengarkan oleh Kepala Bappeda-Litbang Sukarni SP.M.Si.

Untuk bagian Sekretariat dikarenakan keuangan sangat minim dana maka untuk pengusulan RKBU dan SPJ masih dalam proses. untuk rehab sudah dilaksanakan pengecatan di ruang Aula Bappeda-Litbang. Perbaikan SAKIP 2019, penyusunan Renja 2021, penyusunan perubahan Renja 2020 dan meminta pengusulan dana APBD, DPPA OPD Bappeda-Litbang ke ketua TAPD. Dan selanjutnya diadakan pemasangan peredam suara di ruangan Aula Bappeda-Litbang.

Pada Bidang Perekonomian, Sumber Daya Alam dan Infrastruktur menyampaikan beberapa kegiatan antara lain penyusunan indikator ekonomi daerah dimana kegiatan ini dibatalkan dikarenakan angaran dialokasikan untuk penanggulangan Covid-19. koordinasi pengembangan peruntukan dan fungsi kawasan hutan kegiatan ini juga dibatalkan dikarenakan ada surat dari Gubernur Bengkulu yang ditujukan pada menteri lingkungan hidup dan kehutanan dimana anggarannya juga dialokasikan untuk penanggulangan Covid-19. Kegiatan Pendampingan, evaluasi dan pelaporan pangan dan gizi dimana akibat berkuranggnya pagu anggaran Recofusing Covid-19 dan dibawah subbid sumber daya alam maka pembuatan RAD-PG belum dapat dilaksanakan. pada kegiatan koordinasi perencanaan penanganan perumahan masih dibutuhkannya staf Teknik Sipil dan harus adanya peanmbahan anggaran perubahan.

Pada bagian P2EPD, Dokumen RKPD harus sesuai dengan PERBUP NO 27 Tahun 2020 dan untuk pengusulan dokumen RKPD harus dicetak Minimal 3 Dokumen, melakukan penyusunan RKPD perubahan, dan pada tahun 2021 dipastikan semua kegiatan akan menggunakan Aplikasi SIPD dan tahapan tersebut ekselon 3 wajib menentukan operator masing-masing minimal 2 operator di setiap bidangnya, untuk progres pengolahan WEB telah dilakukan penginputan data akun desa dan kelurahan di aplikasi SIPD dimana 141 usulan prioritas telah selesai dilakukan dan telah melakukan pokir 29 anggota DPRD di aplikasi SIPD. dan verivikasi RENJA OPD diselesaikan paling lambat satu minggu setelah perda RKPD disahkan.

Untuk bagian Pemerintahan dan Pembangunan Manusia masih perlunya data yang dibutuhkan dalam rangka penyusunan perencanaan program kegiatan pada setiap mitra bidang di Bappeda-Litbang Bengkulu Selatan. konsistensi perencanaan kebidangan dimasing-masing bidang dengan realisasi yang sesuai dimana harus adanya kerjasama antara tiap-tiap Bidang.

Dan pada bagian Bidang Penelitian dan Pengembangan ada dua profit kegiatan yang telah di output dimana kajian evaluasi pembangunan sudah selesai dan penyusunan dokumen profil daerah masih dalam tahap proses penyelesaian. untuk kegiatan inovasi semuanya ditiadakan dikarenakan dana yang dialokasikan di alihkan untuk penanggulangan Covid-19.

Dan pada akhir rapat Kepala Bappeda-Litbang berpesan agar setiap Bidang bisa melakukan tugas dan kinerjanya dengan sebaik-baiknya dan dapat bekerja sama disetiap bidang-bidangnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here