Dorong Pengembangan Sumber Daya Genetik, KOMDA tingkatkan koordinasi

Jum’at, tanggal 27 September 2019 Bappeda Litbang menggelar acara Rapat Koordinasi Komisi Daerah Sumber Daya Genetik Kabupaten Bengkulu Selatan yang bertempat di ruang rapat Bappeda-Litbang Kabupaten Bengkulu Selatan yang dipimpin oleh Kepala Bappeda Litbang Ir. H. Jonior Hafis, MP yang didampingi oleh Kabid Litbang Adityawan Widi Retmono, Spi.,MM. Rapat koordinasi ini dihadiri oleh seluruh anggota komda yang terdiri dari komisi bidang tanaman pangan dan holtikultura, komisi bidang perkebunan, komisi bidang kehutanan, komisi bidang peternakan, komisi bidang perikanan dan stakeholder terkait.

Kepala Bappeda Litbang dalam sambutannya menyampaikan bahwa tugas Komda SDG bukan hanya sekedar menginventarisir dan identifikasi kekayaan dan kelangkaan serta kekhasan sumber daya genetik saja, tetapi juga merumuskan sistem pelestarian dan pemanfaatan sumber daya genetik secara berkelanjutan.

Ada beberapa agenda pembahasan dalam rapat koordinasi ini, yaitu diskusi mengenai tindak lanjut pengembangan dan pemanfaatan Kelapa Manna Hijau dan Kelapa Manna Kuning, inventarisasi sumber daya  genetik lokal dan langka serta program kerja Komda SDG Kabupaten Bengkulu Selatan kedepan. Banyak masukan positif dan membangun dari anggota Komda SDG yang bertujuan agar pengelolaan SDG kedepan lebih baik dan bermanfaat untuk pelestarian SDG di Kabupaten Bengkulu Selatan.

Anggota Komda Sumber Daya Genetik Kabupaten Bengkulu Selatan mengumpulkan dan mendata sumber-sumber plasma nuftah yang ada sesuai dengan bidang masing-masing, untuk selanjutnya dipilih komoditi yang akan didaftarkan melalui BPTP Balitbangtan Bengkulu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here