Rapat Koordinasi Persiapan Menuju New Normal di Provinsi Bengkulu (vidcon) Bersama Gubernur Provinsi Bengkulu

17,juni 2020 telah dilaksanakan rapat koordinasi bersama gubernur provinsi bengkulu secara video conference di ruang aula bappeda-litbang bengkulu selatan yang dihadiri oleh FKPD, Asisten 1,2,3, Kepala Bappeda-Litbang bengkulu selatan dan beberapa perwakilan dari OPD-OPD yang ada di jajaran kabupaten bengkulu selatan.

Dalam rakor tersebut kepala dinas kesehatan provinsi bengkulu menjelaskan beberapa hal dalam kesiapan provinsi bengkulu dalam tatanan baru menuju masyarakat produktif dan aman covid-19, situasi Covid-19 per 16 juni 2020 di provinsi bengkulu terdapat total 838 ODP dimana 89 orang masih dalam tahap proses pemantauan dan 749 orang telah selesai dilakukan pemantauan beliau juga melanjutkan ada 104 kasus konfirmasi, 8/27 dalam perawatan/isolasi mandiri, kasus sembuh ada 63 orang dan meninggal dunia ada 6 orang.

Di sisi lain kepala dinas provinsi bengkulu juga memberikan strategi penanganan covid-19 dimana semua jajaran dinas kesehatan harus meningkatkan dan memperluas contact tracing untuk keperluan penyidikan epidemiologi, melakukan pelacakan dan penyelusuran pada semua kasus konfirmasi baik kasus masif aktif dan agresif, melakukan rapid tes massal, harus adanya fasilitas tes mandiri tersertifikasi ( tes swab PCR ) di provinsi bengkulu, dan meningkatkan pemeriksaan baik melalui rapid tes maupun PCR pada semua populasi yang beresiko covid-19.

Beliau juga menyampaikan strategi menuju tatanan normal baru masyarakat produktif dan aman covid-19. Setiap wilayah diprovinsi bengkulu harus melakukan pemetaan kasus dan sebaran covid-19 baik epidemiologi surveilans kesehatan masyarakat dan pelayanan kesehatan, melakukan sosialisasi edukasi komunikasi secara masif dan menyeluruh, kesiapan sarana dan prasarana pelayanan publik yang produktif dan aman covid-19, kesiapan kapasitas pengelolaan sosial politik dan komunikasi publik oleh setiap pemerintah daerah dan penerapan protokol kesehatan pada tatanan masyarakat produktif dan aman covid-19 pungkas beliau.

Gubernur bengkulu juga sangat memberikan apresiasi yang sangat besar kepada semua pihak dan jajaran yang selalu sigap dalam menangani Covid-19 di provinsi bengkulu baik pemerintah kota maupun pemerintah kabupaten/kota. Beliau juga memberikan arahan dalam menuju new normal di provinsi bengkulu yang mana arahan tersebut harus selalu adanya sosialisasi dalam lingkungan masyarakat dengan sarana dan prasarana yang memadai dalam penanganan Covid-19. Setiap pemerintah daerah baik itu pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten/kota harus mempunyai kesiapan dan kesedian dari sektor apapun dalam penangan kasus Covid-19, dan yang terakhir gubernur bengkulu menyampaikan komunitas publik harus selalu mendukung percepatan penanganan Covid-19 yang ada di provinsi bengkulu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here