Rapat Koordinasi Teknis Input Pokir DPRD

Kota Manna,- Bertempat di Ruang P2EPD Bappeda-Litbang telah dilaksakan acara Rapat Koordinasi Teknis Input Pokok-Pokok Pikiran DPRD pada Aplikasi sipd.kemendagri.go.id, dimana dalam acara tersebut di hadiri oleh Dinas Pendidikan dan Budaya (DIKBUD), Dinas Pertanian, Dinas Pekerjaan Umum dan Pemukiman Rakyat (PUPR), Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (PERKIM) dan Sekretaris DPRD.

Acara ini sendiri bertujuan untuk penyusunan RKPD Kabupaten Bengkulu Selatan Tahun 2022 dimana dalam penyusunan Rancangan awal yang mencangkup didalamnya penelaahan pokok-pokok pikiran DPRD yang diatur dalam Pasal 178 Peraturan Menteri Dalam Negeri No 86 Tahun 2017.

Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 70 Tahun 2019 tentang Sistem Informasi Pemerintahan Daerah, bahwa penyusunan perencanaan menggunakan sistem informasi berbasis teknologi informasi yang mana terdapat perubahan mekanisme dalam penyusunan perencanaan yang bersumber dari aspirasi DPRD.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Kepala Bappeda-Litbang Kabupaten Bengkulu Selatan SUKARNI, SP.,M.Si Selain membuka acara kepala Bappeda-Litbang juga memberikan sedikit arahan, dalam arahannya SUKARNI, SP.,M.Si menyampaikan dalam penginputan Pokir OPD harus selalu berkoordinasi langsung dengan sekretaris dewan dan beliau juga memberikan saran supaya setiap OPD wajib mencari satu operator untuk melakukan penginputan pokir dalam aplikasi sipd.kemendagri.go.id

Selain arahan dari kepala Bappeda-Litbang Kabupaten Bengkulu Selatan Kabid Bidang P2EPD Suwito, S. Sos, MM juga menyampaikan bahwa mekanisme Pokir harus dimasukan diawal pada saat penyusunan Renja, dan terutama Sekwan untuk dapat dikoordinasikan kepada seluruh Anggota Dewan Kabupaten Bengkulu Selatan.

Untuk Penginputan Pokir Anggota Dewan langsung dipalidasi oleh bagian Kesekratariatan DPRD dan usulan anggota dewan langsung masuk ke Bappeda-Litbang dengan rekomendasi mitra kerja dan langsung masuk ke OPD masing-masing dan akan langsung diverifikasi. Dalam usulan Pokir akan ada tanda khusus di aplikasi sipd.kemendagri.go.id setelah usulan di input.

Dan terakhir Kabid Bidang P2EPD menyampaikan setiap OPD wajib mencari operator khusus untuk melakukan penginputan pokir di Aplikasi sipd.kemendagri.go.id.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here