Rapat Pemuktahiran Renstra Perangkat Daerah Kab. Bengkulu Selatan Tahun 2022-2026

Rencana Strategis (Renstra) adalah dokumen perencanaan suatu organisasi/lembaga yang menentukan strategi atau arahan, dan digunakan sebagai dasar dalam mengambil keputusan untuk mengalokasikan sumber daya dalam mencapai tujuan yang diinginkan. Penyusunan Renstra OPD harus berpedoman kepada dokumen RPJMD.

Renstra Perangkat Daerah adalah dokumen perencanaan untuk periode 5 (lima) tahun yang berpedoman kepada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah(RPJMD) dan bersifat indikatif. Di dalam Renstra digambarkan tujuan, sasaran,kebijakan, program dan kegiatan yang merupakan proses berkelanjutan dari pembuatan keputusan. Keputusan itu diambil melalui proses pemanfaatan sebanyak mungkin pengetahuan antisipatif dan mengorganisasikannya secara sistematis untuk dilaksanakan dan mengukur hasilnya melalui feedback yang sistematis..

Rencana strategis Perangkat Daerah memuat tujuan, sasaran, program, kegiatan, sub kegiatan dan indikator  pembangunan dalam rangka pelaksanaan Urusan Pemerintahan Wajib dan/atau Urusan Pemerintahan Pilihan sesuai dengan tugas dan fungsi setiap Perangkat Daerah.

Untuk bisa menghasilkan dokumen Renstra OPD yang baik, berkualitas dan sejalan dengan RPJMD, maka Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) mengadakan Rapat Pemuktahiran Renstra Perangkat Daerah Tahun 2022 – 2026.  Acara yang dibuka langsung oleh Kepala Bappeda Kabupaten Bengkulu Selatan Drs, H.Yulian Fauzi, M.A.P, yang di gelar di ruang aula Bappeda-Litbang BS.

Dasar hukum perubahan Renstra sendiri tertuang dalam Keputusan Menteri No 050 5889 TAHUN 2021 dimana didalamnya memuat program, kegiatan dan sub kegiatan dan indikator baru. Penetapan kepmen ini sendiri dikarenakan tidak singkronnya kegiatan dan sub kegiatan serta indikator pada renja perangkat daerah dan renstra perangkat daerah dan menyebabkan data tidak dapat dilakukan evaluasi.

Diharapkan dengan adanya rapat pemuktahiran renstra perangkat daerah ini setiap perangkat daerah bisa melakukan pengisian/penginputan data sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here