RAPAT PERSIAPAN MUSRENBANG KECAMATAN TAHUN 2021 UNTUK PENYUSUNAN RKPD TAHUN 2022

Kota Manna,. Jumat 5 Februari 2021 telah dilaksanakan rapat persiapan musyawarah perencanaan pembangunan (MUSRENBANG) Kecamatan Tahun 2021 sebagai bahan untuk penyusunan RKPD Tahun 2022 Kabupaten Bengkulu Selatan dimana rapat tersebut dilaksanakan di ruang Bidang P2EPD. Rapat yang dipimpin langsung oleh Kabid bidang P2EPD Bappeda-Litbang Kabupaten Bengkulu Selatan Suwito,S.Sos,MM dan di hadiri oleh Kasubbag perencanaan OPD teknis.

Kabid bidang P2EPD Bappeda-Litbang Kabupaten Bengkulu Selatan Suwito,S.Sos,MM menjelaskan persiapan verifikasi usulan Musrenbang Kecamatan Tahun 2021. dimana untuk pelaksanaan Musrenbang Kecamatan akan dilaksanakan pada tanggal 9 Februari 2021 dan berakhir pada tanggal 25 Februari 2021, Dalam pelaksanaan Musrenbang ini sendiri penginputan data usulan desa/kelurahan terdiri dari penginputan pada aplikasi https://sipd.kemendagri.go.id dimana jadwal penginputan data usulan Musrenbangdes telah ditutup pada tanggal 31 Januari 2021.

Berbeda dari tahun sebelumnya usulan Desa/Kelurahan ini langsung melalui aplikasi https://sipd.kemendagri.go.id dan langsung diverifikasi oleh bidang mitra Bappeda kemudian diverifikasi di Kecamatan untuk bahan pelaksanaan Musrenbang Kecamatan dan akan diverifikasi lagi oleh OPD teknis dan selanjutnya diserahkan ke TAPD yang kemudian menjadi RENJA OPD.

Untuk mekanisme pelaksanaan Musrenbang kecamatan sendiri hanya memanggil utusan dari Desa/Kelurahan, dimana kepala Desa / Kelurahan akan menjelaskan usulan yang sangat mendesak dan penjelasan mengenai perkiraan anggaran yang dibutuhkan dari usulan yang telah di input di dalam aplikasi https://sipd.kemendagri.go.id ( Bukan usulan Baru ). Dan Untuk utusan dari dinas teknis sendiri yang diundang hanya kepala dinas dan dapat diwakilkan oleh Eselon lll, Kasi, Kasub dan Staf.

Terakhir Suwito,S.Sos,MM selaku Kabid Bidang P2EPD juga menyampaikan jadwal dan pelaksanaan Musrenbang Kecamatan ini sendiri harus tetap mengikuti protokol kesehatan demi menguranggi angka penyebaran Virus-19 di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here