Sosialisasi Program KOTAKU Dalam Upaya Kolaborasi Penataan Permukiman

Bengkulu Selatan, Kamis 19/19 Balai Prasarana Permukiman Wilayah Provinsi Bengkulu melalui program KOTAKU Menggelar Pertemuan Lokakarya Tingkat  Kota/Kabupten Program Tanpa Kumuh  (KOTAKU) Provinsi Bengkulu Tahun 2019 di gedung pola Bappeda Litbang Kabupaten Bengkulu Selatan. Pertemuan ini difasilitasi Bappeda Litbang BS dan dihadiri oleh 30 peserta terdiri dari pihak yang mewakili semua kelompok yang terlibat dalam program. Pemda dalam hal ini sebagai penyelenggara dan dibantu oleh tim KORKOT. Acara Lokakarya Tingkat  Kota/Kabupten Program Tanpa Kumuh  (KOTAKU) dibuka langsung oleh Yudi Satria, SE. MM selaku SEKDA Kabupaten Bengkulu Selatan.

Pemenuhan pelayanan dasar dibidang prassarana pekerjaan umum dikawasan permukiman adalah tugas dan fungsi Direktorat Jendral Citpta Karya. Sesuai dengan RPJMN 2015-2019 Direktorat Jendaral Cipta Karya Berkomitmen untuk mewujudakan permukiman yang layak huni dan berkelanjutan. Khususnya diperkotaan dilaksanakan dengan pencegahan dan peningkatan kualitas permukiman kumuh. Salah satu perwujudan  dari komitmen tersebut adalah program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU).

Program KOTAKU tersebut dilaksanakan sebagai upaya untuk membangun platform kolaborasi dalam upaya pencegahan dan peningkatan kualitas permukiman kumuh. Diharapkan dengan terbangunnya kolaborasi maka akan terjadi keterpaduan antara antara sektor untuk bersama-sama bergerak mencapai sasaran pembangunan kawasan permukiman khusunya terwujdnya kota tanpa kumuh pada tahun 2019.

Kolaborasi bukan hanya dalam hal kegiatan yang bersifat infrastruktur saja, mengatasi kekumuhan erat hubunganya dengan prilaku masyarakat karena itu program KOTAKU juga mengupayakan gagasan, pikiran dimana KOTAKU bukan hanya ada pada pelaku program akan tetapi harus ada dalam pikiran semua orang.

Pemerintah daerah dalam hal ini pemerintah kabupaten perlu membangun jaringan untuk saling menguatkan agar upaya penataan permukiman dan upaya pengurangan luasan kumuh yang menjadi target bersama bisa tercapai, untuk itu strategi untuk duduk bersama membahas capaian pengurangan kumuh serta target pengurangan di tahun berikutnya melalui lokakarya tingkat Kota/Kabupaten Untuk Membahas Strategi Kolaborasi.

Narasumber:

Dwi Prian Dona, ST (Bappeda Litbang Bengkulu Selatan)

Bakri Arief Saputra (SATKER PIP)

Ria (Balai Prasarana Permukiman Wilayah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here