Tahun 2020, Kabupaten Bengkulu Selatan Mendapat Predikat Sebagai Kabupaten Inovatif

Akhir Tahun 2020, Kabupaten Bengkulu Selatan mendapatkan berita yang cukup menggembirakan yaitu ditetapkan menjadi kabupaten dengan predikat “Inovatif”. Penetapan predikat tersebut dituangkan dalam Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor: 100-4672 Tahun 2020 tentang Indeks Inovasi Daerah Provinsi, Kabupaten dan Kota Tahun 2020.

Keputusan Mendagri yang ditetapkan pada tanggal 16 Desember 2020 tersebut, merupakan hasil pengukuran Indeks Inovasi Daerah yang terdiri dari kategori sangat inovatif, inovatif, kurang inovatif dan tidak dapat dinilai, dan telah divalidasi oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Dalam Negeri.

Kepala Bappeda Litbang, Sukarni, SP.M.Si. menyatakan bersyukur dengan predikat inovatif yang diperoleh pada tahun 2020, dan telah menempatkan Kabupaten Bengkulu Selatan berada pada urutan ke 149 dengan skor indeks 668 diantara kabupaten seluruh Indonesia.

“Alhamdulillah, predikat inovatif yang diperoleh ini menjadi suntikan semangat untuk kita agar lebih berusaha lagi dalam melahirkan dan mengembangkan inovasi, sehingga kualitas pelayanan publik yang diberikan Pemerintah Daerah semakin prima. Capaian ini meskipun belum sesuai target kita, namun sudah sangat baik mengingat pada tahun 2019 kemarin Bengkulu Selatan berada pada kategori tidak dapat dinilai,” jelas Sukarni.

Indeks Inovasi Daerah merupakan pengukuran terhadap indikator yang menjadi indikasi adanya pembaharuan yang dilakukan Pemerintah Daerah dalam penyelenggaraan Pemerintahan, dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja guna mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan Pelayanan Publik; pemberdayaan dan peran serta masyarakat; dan peningkatan daya saing Daerah.

“Kami berharap, kedepan capaian ini dapat kita tingkatkan lebih baik lagi sehingga dengan banyaknya inovasi yang dikembangkan akan mampu meningkatkan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat. Target kami pada tahun 2021 Kabupaten Bengkulu Selatan dapat masuk 50 besar tingkat nasional,” tutup Sukarni.

Keputusan Mendagri Nomor: 100-4672 Tahun 2020 tentang Indeks Inovasi Daerah Provinsi, Kabupaten dan Kota Tahun 2020 Download Disini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here